Waspada! Update terbaru WhatsApp akan berbagi nomor handphone anda ke Facebook

Bagi pengguna WhatsApp dan baru saja mengupdate aplikasinya (versi 2.16.225) maka akan berhadapan dengan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang baru. Dan kalau sekilas anda baca pasti tidak menemukan akan adanya hal yang aneh, apalagi banyak tulisan legal/formal yang dipakai yang membuat malas memahami apa maksudnya. Disinilah letak permasalahannya.


Jangan anda segera tap SETUJU dulu dan semoga saja minimal tap NANTI, tapi kalau terlanjur ya sudahlah. Bisa dibatalkan (Petunjuknya ada di akhir). Tapi kalau anda masih sempat maka silahkan tap dulu pada bagian dibawahnya. Yang bertuliskan “Baca selengkapnya mengenai inti pembaruan pada Ketentuan dan Kebijakan Privasi kami.“, selain tidak menonjol juga tidak seperti bisa diapa – apakan.

Update Ketentuan dan Kebijakan Privasi WhatsApp

Baru setelah itu muncul detail bahwa informasi akun WhatsApp anda akan dibagikan ke Facebook. Ini termasuk chat dan nomor teleponnya.

Persetujuan bagikan informasi akun WhatsApp dengan Facebook

Langkah anda selanjutnya adalah menghilangkan centang pada opsinya. Dan setelah itu baru Setuju.

Apa efeknya kalau dibagikan? Minimal iklan – iklan yang muncul bertambah akurat, siapa saja yang anda ajak ngobrol, identitas dari pemilik nomor hp kalau ada profilnya di Facebook, dan seterusnya. Cukup beresiko terhadap privasi kan?

Bagaimana kalau sudah terlanjur disetujui? Dalam waktu 30 hari anda bisa menonaktifkannya lewat Setelan > Akun > Bagikan info akun saya. Selengkapnya bisa dibaca disini: How do I choose not to share my account information with Facebook to improve my Facebook ads and products experiences?.

Walaupun pembicaraan kita dienkripsi dan tidak bisa disadap, tapi dari data – data yang didapatkan WhatsApp kemudian dikombinasikan dengan Facebook… bisa risih juga karena perilaku kita saat online dan menggunakan aplikasi juga media sosial akan dicatat dan dianalisa. Dan jangan lupa Instagram adalah milik Facebook juga, jangan kaget kalau suatu saat akan diintegrasikan juga data – datanya.


Tinggalkan Balasan