Warna alami gigi adalah kuning

Gigi kalau dalam kondisi yang sehat bukan berarti berwarna putih, ini malah merupakan pertanda gigi tersebut tidak dalam keadaan alaminya. Warna asli dari gigi sebenarnya adalah kekuningan, tapi banyak yang mengidamkan gigi berwarna putih dengan berbagai macam produk perawatan gigi.


Sebenarnya yang terlihat kuning apabila anda rutin membersihkan gigi adalah lapisan enamel yang berfungsi melindungi gigi. Kecuali anda adalah peminum kopi, teh, atau perokok yang jelas akan mengubah warna gigi menjadi kuning atau lebih gelap lagi menjadi coklat.

Kjerstin_Michaela / CC0 Public Domain
Kjerstin_Michaela / CC0 Public Domain

Sedangkan enamel sendiri merupakan substansi yang paling keras pada tubuh manusia dan tidak mudah rusak kalau anda rutin menggosok gigi dalam batas wajar dan menjaga konsumsi makanan dan minuman anda.

Kalau sampai gigi berwarna putih malah ada resiko kalau enamel gigi anda sudah rusak, ini bisa disebabkan karena anda menggosok gigi secara berlebihan.

Pasta gigi sifatnya adalah abrasif dan mampu mengikis enamel. Dan pemutih gigi seperti Hidrogen Peroksida (H2O2) juga bisa merusak enamel dan membuat mereka menjadi lebih mudah terkena karies atau gigi berlubang. Jadi tidak perlu malu kalau gigi anda putih kekuningan, ini sehat kok. 😉


Tinggalkan Balasan