Update semua driver secara otomatis

Masalah pemutakhiran driver komputer itu bisa dikatakan hal kecil dan mudah tapi merepotkan saat dijalani. Ini sering disebabkan vendor hardware merilis update drivernya pada waktu yang tidak ditentukan. Lebih jadi dilema lagi karena beda merek akan memiliki sumber download yang berbeda kecuali yang ingin diupdate adalah laptop karena sudah dijadikan satu.


Biasanya yang sensitif masalah driver adalah para gamer yang setiap versi baru bisa memberikan efek positif dari minimal sampai signifikan terhadap performa dan grafisnya. Dan jenis pengguna ini juga yang paling sering update. Untuk mempermudah proses diatas maka akan lebih baik diotomatiskan saja cek updatenya dan download driver – drivernya juga. jadi akan diperbarui secara massal.

Dan ada satu alat yang saya rekomendasikan untuk itu: Snappy Driver Installer yang selain gratis tidak terbatas fitur – fiturnya seperti aplikasi saingan juga open source jadi lebih aman dan terkendali kualitasnya.

Saya sarankan download yang versi Lite karena ukurannya cuma 3.6MB dan nanti tinggal download databasenya yang diperlukan saja, jadi perlu internet saat penggunaannya. Versi lengkapnya 13.6GB yang tidak kalah besarnya dengan DriverPack. Harap diingat bahwa ada program 32-bit dan 64-bitnya tergantung jenis Windows anda, pakailah yang cocok.

Nanti setelah pustaka hardwarenya sudah dilengkapi maka akan dideteksi apa saja hardware yang terpasang, dan tinggal beri centang saja pada apa saja yang ingin diupdate apabila tersedia drivernya yang lebih baru. Kerennya lagi ada informasi bahwa apakah driver yang sedang terpasang pada komputer/laptop kita adalah yang paling optimal atau tidak. Karena itu akan kita temukan juga notifikasi bahwa ada versi lama yang lebih optimal dibandingkan yang sekarang. Tapi tetap saja keputusan ada di tangan anda.

Terakhir, saya sangat menyarankan agar dibuat restore point untuk berjaga – jaga misal ada masalah saat proses update driver massalnya. Dari pengalaman selama ini tidak pernah terjadi masalah tapi tidak ada ruginya kita siap dulu.


Tinggalkan Balasan