Tampilan baru situs OLX

Bagi yang sering melakukan jual beli pasti sangat familiar sekali dengan OLX. Nah beberapa hari kemarin ada perubahan besar pada cara kerja dan tampilan, baik untuk versi desktop maupun android (perubahannya sama saja). Dengan tampilan baru diharapkan agar pengguna lebih nyaman, terutama ketika melakukan pencarian. Nah apa saja yang baru? apakah tampilan baru lebih nyaman daripada yang sebelumnya?


1.  Tampilan yang berubah total, tampilan OLX yang sekarang lebih modern dengan iklan yang terpampang dari awal (berbentuk grid) ketika membuka situs. Secara tampilan memang lebih enak dilihat, terutama gambar produk langsung terlihat. Hal ini lebih memudahkan dalam promosi.

Namun dalam praktenya situs akan lebih berat untuk dibuka, karena harus load gambar secara berkala. Terutama bagi yang koneksinya tidak terlalu kencang, pasti akan tidak nyaman dalam pemakaian.

update 20-01-2017:

Situs sangat stabil dan lancar sekali dibuka.

tampilan baru

2. Penggunaan Lokasi, jika pada sebelummnya pindah lokasi kita cukup mengetikan lokasi yang ingin dituju. Sekarang kita harus menggeser titik point (lihat gambar) untuk menuju lokasi atau daerah yang diinginkan. Kemudian mengatur seberapa jauh radius pencarian yang diinginkan dari titik point.

Menurut pendapat pribadi sistem lokasi yang baru ini sangat tidak praktis. Meskipun memiliki kotak search, namun tidak bekerja sama sekali (mungkin karena masih baru). Jadi harap bersabar saja ketika melakukan search lokasi yang lebih dari satu.

update 20-01-2017:

Mungkin setelah pembetulan sekian waktu, penggunaan lokasi sudah lebih responsif. Search daerah pun sudah lebih enak, tinggal pembiasaan untuk penggunaan range.

lokasi yang baru

3. Pasang iklan pada versi yang baru sangat simpel sekali, bahkan lebih mudah daripada versi yang sebelumnya. Hanya saja ada yang hilang yaitu tidak adanya kolom untuk kontak penjual alias no HP.

Awal mencoba penulis mengira kontak penjual akan bisa dilihat pada profile. Namun ketika mencoba ternyata profile tidak bisa di klik sama sekali. Mungkin hal ini untuk mengatasi seringnya komplain bahwa, kontak penjual yang tertera sering disalahgunakan. Jadi sebagai gantinya fitur chat lebih ditonjolkan sebagai saran komunikasi. Tidak tahu apakah selamanya begini atau mungkin ada update lagi.

Jadi bagi yang tetap ingin menyertakan kontak bisa menuliskan pada kolom deskripsi barang.

update 20-01-2017:

Mungkin karena banyak yang komplain maka kolom no Hp sudah dikembalikan lagi. Tetapi fungsi chat juga masih ada.

lebih simpel

4. Filter untuk mencari produk kurang lebih sama saja, hanya ada fitur yang baru yaitu Urutkan. Dengan fitur ini kita bisa mengurutkan hasil pencarian mulai dari yang termurah, termahal, dan terbaru. 

filter

5. Hilangnya fitur kondisi barang pada versi sebelumnya jika kita akan menjual atau mencari maka pasti ada pilihan tentang kondisi barang apakah baru atau bekas. Sedangkan pada versi yang baru pilihan itu sudah tidak ada.

Padahal fitur ini sangat lah penting, agar bagi yang mencari tidak kebingungan untuk mengetahui kondisi barang. Maka dari itu bila kita sebagai penjual harus menulis deskripsi secara jelas. Sedangkan sebagai pembeli kita harus lebih teliti lagi.

update 20-01-2017:

Penyediaan kondisi barang bekas atau baru sudah disediakan lagi.


Tinggalkan Balasan