Syarat bebas visa ke Jepang

Siapa yang tidak ingin pergi ke Jepang? negara yang memiliki julukan Negeri Sakura ini memiliki banyak hal yang bisa membuat orang terpukau dan ingin berkunjung kesana. Mulai dari sakura, Akihabara, Gunung Fuji, Pagoda Seigantoji dan masih banyak hal lainnya. Namun masih banyak orang yang belum tahu bahwa untuk pergi ke Jepang sudah bebas visa / visa waiver, namun tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Untuk cara mendapatkan bebas visa sebenarnya sudah ada di situs kedutaan Jepang, namun bagi yang masih bingung bisa melihat tata caranya bisa melihat di bawah ini.


Sekilas Bukti Bebas Visa Jepang:

Bagi yang telah melakukan registrasi e-paspor akan diberikan bukti registrasi oleh Kedutaan Besar Jepang/Konsulat Jenderal/Kantor Konsulat dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Tujuan perjalanan: kunjungan singkat (wisata, bisnis, mengungjungi teman atau keluarga).
  • Durasi masa tinggal 15 hari.
  • Masa berlaku 3 tahun atau sampai batas akhir berlaku paspor (bila masa berlaku paspor kurang dari 3 tahun. Mengikuti masa berlaku terpendek alias mana dulu yang habis)
  • Biaya Gratiss!!!
  • Proses Registrasi kurang lebih 2 hari kerja (hasil proses diserahkan hari berikutnya).

 

Bagaimana cara mendaftar Bebas Visa Jepang?

  1. Yang paling terpenting harus mempunyai E-passportE-passport dengan logo chip yang tertera di bagian sampul depan yang sudah sesuai dengan ICAO (International Civil Aviation Organization) baru bisa mendapatkan bebas visa.
  2. Melakukan registrasi di kedutaan Jepang dengan membawa E-KTP (untuk jaga-jaga), E-passport yang asli dan mengisi Form Aplikasi (terlampir form dengan format PDF dan DOC, pilih satu saja).
  3. Untuk berjaga-jaga bawalah bukti tiket keberangkatan / booking tiket dan rekening koran takutnya jika ditanyai.
  4. Setelah menyerahkan E-passport dan form aplikasi maka akan mendapatkan bukti penyerahan.
  5. Nah setelah itu menunggu kurang lebih 2-3 hari kerja untuk mendapatkan stiker bebas visa. Nah stiker inilah yang akan menjadi bukti sah telah mendapatkan bebas visa. Bagi yang mengajukan bebas visa dan ditolak, tetap bisa mengajukan visa secara normal.
Contoh E-passport

Ada berapa hal yang juga perlu diperhatikan:

  1. Ingat masa berlaku bebas visa hanya 15 hari saja. Jika memang ingin lebih lama tinggal lebih lama, terpaksa harus balik ke Indonesia untuk mengurus visa yang lain. Kalau memang dari awal ada rencana tinggal lebih dari 15 hari lebih baik jangan mengajukan bebas visa.
  2. Jangan lupa melakukan registrasi karena hal ini sangat penting sekali. Meskipun sudah mempunyai E-passport tetapi tidak melakukan registrasi dan tetap pergi ke Jepang. Maka secara otomatis akan dicekal oleh pihak bandara dan langsung di deportasi oleh pihak imigrasi.
  3. Berjaga-jagalah dengan membawa berkas yang lengkap. Selain E-passport, booking tiket atau tiket pulang pergi, informasi tujuan ke Jepang untuk apa harap disiapkan. Takutnya jika ditanya dengan detail oleh salah satu petugas bandara kita sudah siap menjawab dan menunjukan.
  4. Bagi yang pernah dideportasi, dalam masa cekal, pernah melakukan pelanggaran hukum baik di Jepang dan atau pelanggaran hukum di Negara lain dan pernah menjalani masa tahanan 1 tahun atau lebih, tidak dapat masuk ke Jepang meskipun telah melakukan registrasi pra keberangkatan.
contoh form

Dijamin untuk membuat bebas visa ini akan sangat dipermudah sekali, karena Jepang membuat aturan ini untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung terutama dari Indonesia. Untuk mendaftar bisa melakukannya di Kedutaan Besar Jepang/Konsulat Jenderal Jepang/Kantor Konsulat Jepang terdekat, selamat membuat bebas visa dan selamat berlibur.


 

 

 

Tinggalkan Balasan