Sophos Home: Antivirus gratis, ringan dan sederhana

Mungkin tinggal kurang bersih – bersih dan membantu keluarga saja fiturnya. 😀 Diantara semua nama besar dalam dunia antivirus maka nama Sophos akan jarang dikenal di Indonesia, padahal produknya sudah terkenal berkualitas untuk tingkatan enterprise (baca: perusahaan besar) untuk mengamankan PC, Mac dan jaringan internet. Oleh sebab itu bisa dikatakan sedikit terkejut ternyata mereka merilis software antivirus gratis dengan nama Sophos Home.


Untuk mendapatkan Sophos Home sendiri tidaklah sulit tapi memang agak sedikit merepotkan. Pertama anda perlu mengakses link halaman produknya disini: https://www.sophos.com/en-us/lp/sophos-home.aspx dan kemudian melakukan registrasi akun. Baru setelah anda konfirmasi pembuatan akun dan emailnya anda akan mendapatkan link download dari dasbornya. Ukuran installer Sophos Home sendiri cukup besar, sekitar 188MB saat saya download.

Sophos Home Edition

Setelah anda install dan jalankan maka proses update database virusnya akan berjalan. Cukup cepat. Tapi kalau anda perhatikan nanti adalah tampilan aplikasinya sangatlah sederhana sekali. Kita cuma bisa mensetting perlindungan antivirus realtime, proteksi website, dan program – program yang (mungkin) tidak diinginkan. Ya cuma ada 3 macam ini saja kalau dari programnya, dan inipun cuma bisa memilih dihidupkan atau dimatikan.

Untuk setting lebih mendetailnya kita harus menggunakan website Sophos dengan akun kita tadi. Selama perangkatnya sudah terdaftar dalam akun kita (maksimal 10 buah untuk versi gratisnya) maka akan muncul dan bisa anda atur lebih lanjut.

Sophos Home Edition -Web Category Access

Jadi opsi yang kita dapatkan tidak hanya on-off saja melainkan lebih spesifik lagi. Misalnya anda orang tua yang tidak ingin anaknya mengakses media sosial atau hal – hal ilegal seperti pornografi untuk terhindar pengaruh buruk. Maka tinggal setel mana yang boleh ataupun tidak melalui filter yang disediakan. Tapi harap ingat ini berdasarkan database mereka dan tetap ada kemungkinan kurang akurat untuk kawasan Indonesia, tetp tidak ada salahnya diaktifkan proteksinya.

Kesimpulannya kalau anda butuh antivirus gratis yang sederhana tanpa membuat PC/Laptop lambat dan tetap ampuh mengatasi virus juga malware maka Sophos Home bisa menjadi pertimbangan terbaik. Apalagi bisa kita setting lebih lanjut lagi untuk urusan keamanan browsingnya. Cuma memang sedikit repot karena harus memiliki akun untuk mendapatkannya dan mensettingnya.


Tinggalkan Balasan