Sistem roster lock baru Dota2

Tampaknya Valve telah belajar dari kekurangan proses roster lock untuk kualifikasi tim Dota2 menjelang The International 2016. Mungkin masih ingat insiden dimana terjadi pertukaran pemain antara Evil Geniuses dan Secret, efeknya membuat w33 dan MiSeRy tanpa tim 3 hari sebelum deadlinenya. Bisa dikatakan merupakan contoh yang paling terkenal dari kelemahan sistemnya dimana setiap tim bisa mengganti formasinya begitu saja dan membuat pemain tidak jelas nasibnya.


Untungnya kedua pemain tersebut berhasil mendapatkan tim (Digital Chaos) dan malah sukses sampai di grand final TI6. Tapi Valve tidak ingin kecolongan lagi dan menambah drama dengan mengumumkan sistem baru untuk penguncian player dan substitutenya. Seperti yang diumumkan lewat blognya beberapa hari lalu bahwa ada perubahan peraturan soal roster lock yang berfungsi mencegah masalah seperti sebelumnya.

Logo Dota2 Major

Dari pengumuman diatas bisa diambil kesimpulan:

  1. Batas waktu terakhir untuk meninggalkan tim atau dihapus dari daftar pemain adalah yang diawal. Jadi status pemain sudah harus jelas apakah Leave/Removed saat deadlinenya dan setelah itu dikunci. Khusus untuk kompetisi Major berikutnya maka sudah ditentukan tanggal 4 September 2016.
  2. Sedangkan deadline untuk bergabung pada tim adalah 2 minggu kemudian. Intinya disediakan waktu 14 hari untuk menentukan akan ikut bertanding dengan tim apa. Jadi pada tanggal 18 September batas waktu terakhirnya memastikan siapa – siapanya. Manfaatnya dalam masa waktu itu pemain yang free agent bisa bernegosiasi sampai sepakat. Jadi tidak terlalu mepet dengan deadline dan pemilik tim tidak bisa semena – mena menendang pemainnya hanya dalam beberapa hari sebelum kompetisi.
  3. Pemain pengganti (substitute) sekarang bebas dari tim manapun asalkan timnya tidak ikut dalam Major. Dan bisa ditentukan setelah masa roster lock. Mungkin dengan ini formasi timnya jadi lebih ada pertimbangan strategis dengan subs yang berkualitas tapi gagal lolos dan tidak ada subs yang guyonan seperti DC dengan SirActionSlacksnya pada TI6 kemarin. 😀

Dan mungkin kalau anda belum tahu apa efeknya mengganti roster tim setelah masanya. Sederhana saja, direct invite (undangan langsung) ke kompetisi akan dicabut. Tapi tim tersebut tetap bisa memperebutkan kualifikasi ke final Majornya lewat Open Qualifier. Ya seperti yang dilakukan EG dan Secret sebelumnya, dan bisa dilihat bukanlah masalah besar karena perbedaan kualitas yang timpang sekali dengan tim – tim lainnya.

Terakhir… mau tahu pemain mana saja yang keluar dan masuk? Bisa dicek di DOTA 2 MAJORS REGISTRATION.


Tinggalkan Balasan