Sistem Diagnostics di Dell

Bagi yang mempunyai atau akan membeli produk dell laptop dan pc, akan memiliki satu fitur yang sangat membantu sekali untuk menditeksi kerusakan pada unit. Fitur ini bernama Diagnostics yang bisa diakses pada saat menyalakan unit. Loh bukannya merek lain juga memiliki fiutr diagnostics? yup betul sekali ada beberapa “merek lain” juga memiliki fitur ini. Tetapi tidak selengkap yang dimiliki oleh Dell.


Biasanya pada “merek lain” hanya mengecek harddisk dan memory (RAM) saja, sedangkan Dell hampir semua hardware dicek. Nah bagaiamana cara menjalankan fitur diagnostics ini? ikuti saja cara di bawah ini.

1. Pada saat menyalakan unit tekan F12 sampai masuk boot menu.

2. Nah pada boot menu akan ada menu Diagnostics dipilih saja.

3. Secara otomatis Diagnostics akan memulai mengecek kondisi hardware, jika ada error nanti akan keluar pesan yang berisi error dimana dan kode error. Lama diagnostic kurang lebih sekitar 10 – 20 menit saja. Kode error ini nanti akan berguna untuk di berikan kepada pihak Dell (Service Center / Call Center) jika unit masih garansi.

Setelah selesai nanti akan diberi pilihan lagi apakah mau dicek lebih menyeluruh lagi atau tidak. Pengecekan lebih lanjut ini lebih terfokus pada harddisk dan memory saja dan waktunya cukup lama bisa dua jam lebih.

lagi berjalan proses diagnostic

4. Pada saat pengecekan Color Bars muncul pilih Yes untuk melanjutkan diagnostic, karena jika pilih No maka backgorund layar akan berganti warna selama beberapa kali. Fungsinya untuk memastikan bahwa layar bisa menampilkan warna secara normal atau tidak.

5. Nah semisal kita tidak ingin mengecek secara otomatis dan ingin secara manual. Hal ini bisa dilakukan, caranya pada saat diagnostics berjalan tekan tombol Esc hingga berhenti. Nah nanti klik tombol panah arah kanan yang berada di layar kanan bawah (lihat gambar di no 3).

Nanti akan keluar menu yang isinya hardware apa saja yang dicek. Pilih hardware mana yang mau dicek, semisal Memory tinggal double klik saja dan tunggu hasil test.

Total kurang lebih ada empatbelas (14) hardware yang dicek oleh Diagnostics. Tampilan boot menu dan diagnostic pada gambar di atas itu hanya ada di unit dell yang terbaru semisal seri 3467, 7567. Pada unit yang agak lama agak sedikit berbeda tampilannya dan jumlah hardware yang bisa dicek lebih sedikit.

Jika pada seri dell yang masih awal-awal, dimana layar masih biru maka fitur untuk diagnostic secara manual tidak bisa dilakukan. Jadi biarkan saja bekerja secara otomatis.


Tinggalkan Balasan