Setting renderer Dota 2

Performa Dota 2 kadang naik turun tergantung updatenya apalagi semakin terasa , walaupun kita sudah mematikan banyak opsi efek – efek grafisnya tetap saja ngelag. Selain solusi untuk upgrade RAM juga VGA setidaknya kita masih bisa berusaha terakhir kali dengan mensetting manual pakai renderer grafis apa Dota 2 akan dimainkan.


Kita bisa memilih akan pakai yang mana dengan menambahkan parameter pada launch options dalam Steam. Caranya adalah dengan membuka Library > Klik kanan pada Dota 2 > Properties > Set Launch Options….

Khusus untuk mengganti renderer GPU ada beberapa opsi yang bisa dicoba:

  • Kosong – Ini adalah nilai defaultnya dan akan memakai D3D9Ex versi lebih baru dari DirectX 9 vanilla. Pilihan terbaik kalau tidak pernah ada masalah.
  • -nod3d9ex – Isikan ini untuk menggunakan versi biasa dari D3D9, detail efeknya mungkin berkurang atau ada yang hilang.
  • -gl – Opsi untuk menggunakan OpenGL, biasanya yang unggul disini adalah GPU dari Nvidia. Jangan lupa install OpenGL support for Windows dalam Steam.
  • -dx11 – Kalau DirectX 11 biasanya yang masih unggul adalah AMD.
  • -vulkan – Mesin renderer yang masih baru dan belum stabil, tapi tampaknya menjanjikan. Belum tentu VGA anda mendukungnya. Perlu instalasi DLC Vulkan support

Selain deskripsi, merek kartu grafis mana yang lebih baik pada jenis renderer tertentu adalah opini dan bisa salah. Paling bagus bisa dites sendiri.

Apakah kalau diubah pasti dapat performa yang lebih baik? Belum tentu tapi layak dicoba. Malah yang paling bisa diandalkan adalah yang default, tapi kalau paham atau penasaran mungkin bisa lebih maksimal kalau dipaksa menggunakan renderer yang unggul berdasarkan pakai kartu grafis apa.


Tinggalkan Balasan