Sengatan listrik ringan ke otak bisa meningkatkan kemampuan matematika

Sebelumnya saya peringatkan dulu jangan dipraktekkan sendiri, ini semua dilakukan dalam kondisi terkendali dan dalam penelitian. Para ilmuwan dalam perjuangannya menemukan cara untuk menyembuhkan kesulitan menghitung atau matematika (Dyscalculia) telah menguji efek arus listrik ke bagian tertentu di otak. Tepatnya di bagian parietal lobe (lobus pariental).


Ternyata dengan disetrumnya otak ini bisa meningkatkan kemampuan matematis seseorang sampai 6 bulan.

joy1722 / CC0 Public Domain
joy1722 / CC0 Public Domain

Tapi bukan sembarang listrik sperti di rumah – rumah, melainkan dengan terkontrol dan diamati. Arus yang digunakan juga cuma 1 miliAmpere ke bagian lobus pariental, kalau pakai listrik biasa malah rusak organ tubuh manusia. Arus sebesar ini tidak dirasakan manusia dan tidak merusak fungsi otak lainnya, jadi bisa dianggap aman.

Menurut pengujian mereka yang telah kesetrum listrik ini mampu menyelesaikan berbagai jenis tes dan puzzle matematika dengan lebih baik dan lebih cepat. Tapi dengan catatan penelitian ini masih berlangsung dan hasilnya masih pada tahap awal. Masih ada resiko bahaya kesehatan dalam menggunakan metode ini.

Sekali lagi saya ingatkan untuk tidak mencobanya sendiri, jangan sampai jatuh korban karena luka disengat listrik bermunculan di media massa karena ingin cepat pintar. 🙂


Tinggalkan Balasan