Segera Registrasi Kartu SIM Prabayar Anda

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mewajibkan melakukan registrasi Kartus SIM prabayar baik pelanggan baru dan lama. Pelanggan wajib mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK).


Nah nantinya NIK dan nomor KK yang telah terdaftarkan, akan dicocokan oleh pihak operator dengan data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil. Sehingga pengguna / pelanggan tidak bisa sembarangan lagi dalam mengisi data dan menggunakan nomor.

Bagaimana cara registrsi?

Cara yang paling mudah melalui gerai, toko dari masing – masing operator (baik pelanggan baru dan lama).

Atau dengan cara klasik yaitu melalui SMS. Semua SMS dikirim ke 4444 (baik pengguna lama dan baru), hanya saja ada sedikit beda format saja.

Bagi pengguna baru,

Pengguna Tri, Smartfren, dan Indosat dengan format SMS: 16 nomor NIK#16 nomor KK

Pengguna XL dengan format SMS: DAFTAR#16 nomor NIK#16 nomor KK

Pengguna Telkomsel dengan format SMS: REG#16 nomor NIK#16 nomor KK

Bagi pengguna lama,

Baik Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, atau Smartfren dengan format SMS: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK

Bagi yang tidak resgistrasi apakah ada sanksi menanti? tentu saja ada baik bagi operator maupun pelanggan. Mulai dari pencabutan izin bagi operator, hingga pemblokiran nomor secara bertahap kepada pelanggan.

Kewajiban mendaftarkan NIK dan nomor KK akan mulai dicanangkan mulai 31 Oktober 2017 untuk para pengguna baru. Selain itu, pelanggan lama juga diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan waktu paling lambat pada 28 Februari 2018 mendatang.

Jangan lupa registrasi.


Tinggalkan Balasan