Cara tahu program yang memberatkan proses startup Windows 10

Berbagai macam tips dan trik mengoptimalkan kecepatan booting Windows yang bisa dilakukan dan biasanya antar versi sendiri tidak banyak berbeda. Tapi karena kita bisa mensetting Windows sesuai keinginan dan kebiasaan penggunaan kita bisa banyak faktor – faktor yang mempengaruhi lambatnya proses masuk ke layar desktop. Salah satunya adalah banyaknya aplikasi yang dimulai saat startup.


Kalau asal dimatikan sendiri tidaklah bijak karena bisa membuat sistem operasi tidak stabil kalau ternyata program tersebut adalah penting dan menjadi dependensi lainnya. Nah… setidaknya di Windows 10 kita bisa menganalisa bagaimana efek dari setiap aplikasi yang ikut dieksekusi saat loading masuk ke desktopnya, dan tidak perlu alat tambahan karena sudah disediakan oleh Microsoft.

windows-10-task-manager-startup

Jadi Task Manager (CTRL+ALT+DEL atau CTRL+SHIFT+ESC) pada Windows 10 sudah dimodernkan dengan tambahan fitur analisa proses startup. Yang kalau dibuka tabnya akan muncul kolom Startup Impact pada masing – masing software yang terdeteksi. Misal anda ingin meningkatkan performanya supaya loading tidak lama – lama setelah login maka perhatikan yang isinya adalah High, berarti cukup berat. Sedangkan Medium bisa dipertimbangkan, dan Low abaikan saja karena pengaruhnya rendah.

Untuk mematikan proses startup yang bisa dianggap memberikan efek negatif tidak sebanding dengan manfaatnya maka anda harus memakai alat lainnya yakni System Configuration, bisa dicari dari Start Menu atau eksekusi perintah msconfig. Nanti tinggal disisir saja berdasarkan daftar diatas. Tidak sulit kok, cuma harus teliti saja. 😀


Tinggalkan Balasan