Pilih DDR3 atau DDR4?

Akhir-akhir ini jika akan membeli PC atau Notebook maka akan mendapat pilihan RAM generasi berapakah yang akan kita pakai, DDR3 / DDR3L atau DDR4? Terutama jika akan membeli prosesor intel generasi ke-6 (Skylake) tidak semua tipe notebook atau motherboard memakai DDR4, masih ada yang memakai DDR3L.


Jadi manakah yang harus dipilih?? secara pengembangan dari segi apapun DDR4 pasti lebih baik daripada pendahulunya DDR3. DDR3 sendiri pun sudah mencapai titik maksimal, tuntutan untuk lebih cepat dan kapisitas lebih besar lagi sudah tidak bisa dipenuhi lagi. DDR4 hadir menjawab tuntutan yang ada.

DDR3/DDR3L Vs DDR4 (untuk laptop)
Deskripsi DDR3 DDR4 Kelebihan
Kapasitas Chip 512Mb-8Gb 4Gb-16Gb Hanya menunggu waktu Ram 16GB
Data Rates 800Mb/s – 2133Mb/s 1600Mb/s – 3200Mb/s Lebih cepat
Voltage Standard 1,5V 1,2V Daya lebih rendah
Low Voltage Standard DDR3L = 1.35V Kemungkinan di 1.05V Daya lebih rendah

Apakah perlu mengganti? menurut pendapat pribadi, tidak harus terburu-buru. Tergantung tujuan PC atau Notebook dibuat untuk apa. Jika kita melakukan hal berat (game, rendering, desain) atau akan membeli PC / Notebook baru, tidak ada salahnya langsung beralih ke DDR4.

Harga RAM dari DDR3L dan DDR4 (baik untuk PC maupun Notebook) pun tidak terlalu beda jauh. Bahkan beberapa merek tertentu harga DDR4 lebih murah daripada DDR3L.

Namun jika pemakaian standard saja (mengetik, browsing, nonton, editing sederhana) tidak harus langsung beralih ke DDR4. Secara kemampuan DDR3 / DDR3L masih sangat mumpuni sekali.


Tinggalkan Balasan