30 perusahaan besar Amerika mengeluarkan uang lebih banyak untuk melobi kongres daripada pajaknya

Sungguh hal yang unik terjadi pada negara Amerika, karena terdapat berbagai macam celah dalam hukum mereka membuat perusahaan disana beradaptasi memanfaatkan celah hukum dengan legal yaitu dengan membiayai lobi ke kongres Amerika supaya peraturan dan proyek pemerintah condong ke perusahaan – perusahaan tersebut.


Lobi ke kongres Amerika adalah kegiatan supaya suatu kegiatan pemerintah dipengaruhi ke pihak yang melakukan lobi, dan ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengubah suara anggota kongres. Sebenarnya melobi adalah kegiatan yang difungsikan supaya ada pendapat dari rakyat bisa disampaikan ke kongres langsung untuk mendapat pertimbangan dan dukungan.

Unsplash / CC0 Public Domain
Unsplash / CC0 Public Domain

Nah.. celah inilah yang dimanfaatkan perusahaan di Amerika mendapatkan keputusan yang menguntungkan mereka dalam menjalankan bisnis. Hal ini dibuktikan dari laporan keuangan 30 perusahaan besar di Amerika yang total pengeluaran untuk biaya lobi ke kongres lebih besar dibandingkan dengan pajak penghasilan mereka selama tahun 2008 – 2010.

Yang terbesar bahkan menghabiskan uang sebesar $ 400.000 per minggu untuk melobi kongres, yang berakibat mereka membayar pajak sebesar $ 22juta dan membayar pelobi sebesar $ 476juta. Sungguh jumlah yang sangat kontras, tapi apa yang perusahaan itu dapatkan? Ternyata perusahaan yang melakukan lobi rata – rata mendapatkan penghematan pajak hingga dalam hitungan trilyun dollar. Sungguh jumlah yang fantastis, dan merupakan hal yang wajar dilakukan kalau hasil lobi seperti itu.


Tinggalkan Balasan