Perlukah melakukan clear cache?

Sebelum lanjut apa itu Cache? dan apa fungsinya? Cache itu bisa dibilang semacam “memori” yang dibuat oleh app atau web browser untuk membantu kita sebagai pengguna. Membantu ini maksudnya ketika akan meng-akses web atau app yang sama secara berkala, maka prosesnya lebih cepat dibandingkan waktu awal membuka alias loading lebih cepat. Logikanya seperti kita akan pergi ke tempat yang baru, pertama kali kesana pasti memerlukan waktu yang lama untuk mencari lokasi dll. Namun untuk selanjutnya pasti waktu yang diperlukan semakin cepat, karena kita sudah hafal dengan lokasi tersebut.


Perlu atau tidak sebenarnya sangat relatif, namun sangat disarankan untuk melakukan clear cache secara berkala. Mengapa? ada dua hal penyebab yaitu memory storage dan force stop / closed (error).

*Memory storage.

Cache sendiri memakan memory storage sebagai tempat penyimpanan, jadi semakin besar cache maka semakin habis juga storage unit. Terutama unit yang hanya memiliki storage tidak lebih dari 16GB dan mempunyai banyak apps (sering dipakai juga). Pasti akan sering merasakan storage tiba-tiba penuh.

*Force Stop / Closed.

Pasti kita sering mengalami error yang mengandung kalimat “Force Stop atau Force Closed”. Kemudian solusi yang diberikan “coba clear cache” dan setelah dilakukan app berjalan normal lagi. Kok bisa? bisa jadi ini disebabkan cache yang tersimpan sudah tidak update. Mungkin saja halaman web yang kita buka sudah tidak ada lagi atau ada update web / app, sehingga terjadi “kekacauan” di app tersebut.

Amankah melakukan clear cache? tentu saja sangat aman, tidak ada efek samping sama sekali. Toh nantinya cache akan dibuat lagi, seiring kita sering membuka app atau web tersebut. Yang bahaya jika melakukan clear data, karena sesuai dengan nama yang dihapus adalah data dari web atau app tersebut.

Bagaimana cara clear cache? setiap unit (atau vendor mungkin lebih tepatnya) mungkin peletakan atau penamaan yang berbeda. Ada dua cara untuk melakukannya,

1. Masuk settings > kemudian storage > nah biasanya ada pilihan untuk melakukan clear cache secara masal. Seperti pada xiaomi ketika masuk storage nanti akan pilihan Cleaner. Jalankan saja secara otomatis cache akan terahapus.

2. Bisa juga melalui setiap app, masuk Settings > cari Apps atau Installed apps > pilih app dan nanti akan ada pilihan clear cache.


di klik saja

Tinggalkan Balasan