Perlukah kita sarapan?

Perlukah kita sarapan? hal ini pasti sering dipertanykan banyak orang. Banyak sekali jawaban dan fakta yang ada tentang sarapan. Ada pihak yang merasa sarapan tidaklah penting (terutama bagi yang diet). Mengapa? karena dengan pengaturan pola makan yang tepat asupan energi akan terjaga. Juga ada kasus ketika sarapan justru perut merasa sakit.


Tetapi ada juga yang berkata sarapan hal yang penting. Mengapa? karena dengan sarapan asupan energi untuk beraktifitas akan terpenuhi hingga nanti jam makan selanjutnya dan juga dengan sarapan kemampuan berfikir akan lebih baik daripada yang tidak.

breakfast

Manakah yang benar? hal ini pun masih belum bisa dibuktikan secara pasti. Antara sarapan dan tidak masing-masing memiliki fakta atau bukti tersendiri tentang bagaimana efek yang ditimbulkan.

Namun menurut pendapat pribadi tidak ada salahnya juga kita melakukan sarapan. Meskipun sesibuk apapun, sebisa mungkin ada makanan dan minuman yang masuk ke tubuh (meskipun dalam porsi yang kecil) untuk mengawali hari sebelum beraktivitas.

Mengapa? ada beberapa point plus jika kita sarapan, seperti:

Meningkatkan fungsi kognitif (kinerja otak) banyak peneltian menyatakan sarapan dapat membantu meningkat daya konsentrasi dan memori. Selain itu juga bisa menjadi mood booster dan mengurangi stress. Terutama bagi anak-anak, dengan sarapan bisa membuat mereka lebih bersemangat.

Suplai energi, tubuh pasti membutuhkan dan mengeluarkan energi. Apalagi setelah seharian beraktivitas dan tidur semalam penuh. Di pagi hari tubuh pasti membutuhkan tambahan energi, nah dengan sarapan dapat membantu agar suplai energi bertambah.

Hidup sehat, jika sarapan sudah menjadi kegiatan rutin sehari-hari dan ditambah dengan menu makanan yang sehat dan seimbang. Lama kelamaan pasti akan berdampak positif bagi kesehatan kita. Seperti tubuh akan jauh dari namanya kegemukan (obesitas), koresterol tinggi, diabetes dan berbagai macam penyakit.

Mendekatkan keluarga, meskipun hanya sebentar tetapi jika sarapan dilakukan secara bersama-sama dengan keluarga, tentu akan lebih mengakrabkan antara satu dengan yang lain. Berbicara sebentar, saling mengingatkan tentu akan membuat suasana keluarga lebih hidup.

Jadi tidak ada salahnya kan untuk melakukan sarapan? meskipun sangat terburu-buru sekalipun usahkan memakan sesuatu.


Tinggalkan Balasan