Faktor – faktor penyebab Harddisk rusak

Kadang kita bisa lupa bahwa namanya barang itu ada masa pakai atau usianya. Bahkan bisa dipersingkat lagi kalau ada musibah yang terjadi pada barang tersebut. Ada hal – hal yang jelas bisa merusak secara langsung atau secara tidak sadar akan terjadi secara perlahan. Dan karena ini harddisk maka lebih fatal lagi akibatnya kalau data – data pentingnya musnah begitu saja.


Nah… supaya anda mencegah terjadinya kerusakan dini pada harddisk anda bisa menghindari beberapa hal berikut. Banyaknya di masalah penempatannya, terutama kalau harddisk eksternal.

Evan-Amos / CC BY-SA 3.0
Evan-Amos / CC BY-SA 3.0
  • Jangan sampai terjatuh atau terbanting. Cukup jelas, karena HDD itu isinya adalah perangkat mekanik yang presisi maka benturan keras bisa menggeser isinya dan tidak normal kembali posisinya. Jadi kalau tidak perlu jangan dipindah atau dibawa kemana – mana.
  • Hindari panas. Suhu sangat berpengaruh pada usia harddisk. Ini efeknya perlahan tapi pasti mengurangi masa pakai komponennya.
  • Bersihkan dari debu. Dari pengalaman bukan masalah kena debunya, tidak masuk ke dalam kok. Tapi karena menumpuk bisa menekan efektifitas kipas angin yang bertugas mendinginkannya.
  • Magnet. Cukup jelas, hindari magnet karena medannya bisa berpengaruh buruk ke dalam komponen harddisk. Ini termasuk speaker, jadi jangan diletakkan sebelahnya karena biasanya menggunakan magnet.

Yang paling sering terjadi itu dibiarkan kepanasan jadinya ada bad sector/korup. Dan untuk harddisk eksternal dijemur di dashboard mobil, atau diletakkan diatas/samping speaker. Tidak langsung rusak karena itu jadi kebiasaan buruk.

Kesimpulannya… harap hati – hati meletakkan harddisk anda dan pastikan ventilasinya lancar.


Tinggalkan Balasan