Mengendalikan komputer lewat internet

Nasib jadi orang IT seringkali dimintai bantuan untuk memperbaiki komputer oleh teman, tetangga atau saudara. Kalau masih jaraknya dekat kita tidak capek mendatangi lokasinya, lebih baik lagi kalau yang butuh datang mengantarkan perangkat lengkapnya. Kalau laptop ya tinggal angkat saja. 😀 Tapi namanya kenyataan sering berbicara lain. Kadang karena terlalu jauh dan tidak masuk akal kita tatap muka langsung maka remote control PC lewat internet adalah solusinya.


Ada satu aplikasi yang paling bisa diandalkan kalau masalahnya seperti ini, yang minta tolong diharapkan install TeamViewer QuickSupport dan kita sebagai teknisinya perlu edisi TeamViewer yang fitur lengkap. Semua penggunaannya gratis untuk urusan non-komersil. Yah… kompensasi gorengan dan kopi kan masalah etika dan persaudaraan. 😛
aplikasi-teamviewer
Tugas pemilik komputer yang diremot adalah memberikan kita kode User ID yang semuanya angka dan juga apa passwordnya ke kita. Sebaliknya dari sisi kita perlu menambahkan kode tersebut Partner ID, sambungkan dan kalau benar sudah online maka akan diminta kata sandinya.

Kalau lancar maka tampilan desktop yang sedang dikendalikan dari jarak jauh ini akan muncul. Selesai dan memang sesederhana itu. Sisanya tinggal kita melakukan proses diagnosa dan berusaha mengatasi masalahnya.

teamviewer-kontrol-pc-jarak-jauh

Koneksi yang dibutuhkan TeamViewer sendiri tidak harus sangat cepat, lebih penting stabil agar tidak sering terputus. Tapi apabila dirasa terlalu berat atau ngelag, bisa memilih prioritas performa (Optimize Speed) dan diganti agar tampilannya dari berwarna jadi hitam putih (grayscale) supaya hemat bandwidth.

Walaupun tutorialnya berdasarkan Windows tapi ada kok edisi untuk Linux, Mac, Android, iOS dan bahkan Blackberry. 😀


Tinggalkan Balasan