Mengapa cincin pernikahan ada di jari manis?

Jari manis selalu identik dengan letak cicin pernikahan atau tunangan, namun pernakah kita bertanya mengapa terletak di jari manis? kok tidak di jari yang lain? Apakah karena nama dari jari tersebut “jari manis” maka terletak disana?


Sebenarnya alasan mengapa terletak pada jari manis (atau jari keempat) sangatlah sederhana. Pada jaman dulu sebelum ilmu kedokteran maju seperti saat sekarang orang percaya bahwa pembuluh darah (aliran darah) mengalir dari jari keempat di tangan kiri langsung menuju jantung. Hal ini dipercaya karena letak tangan kiri dan jantung yang berdekatan.

kgorz / CC0 Public Domain
kgorz / CC0 Public Domain

Akhirnya pembuluh darah tersebut dinamakan vena amoris, jika dalam bahasa latin artinya vein of love. Karena penamaan inilah banyak orang menyimpulkan cincin pernikahan sangatlah pas diletakan di jari keempat alias jari manis.

Tangan kiri atau kanan? sebenarnya tidak ada aturan pasti harus ditangan kiri atau kananDisesuaikan dengan budaya setempat dan kebiasaan. Di negara tercinta kita Indonesia cincin terletak di tangan kanan. Namun di negara seperti Australia, Canada, Italy dan beberapa negara lainnya terletak di tangan kiri.

Ada juga percobaan (video di bawah ini) bisa menjadi salah satu alasan mengapa jari manis sangat cocok sebagai letak cincin.

Pertama-tama lipatlah kedua jari tengah kita, kemudian satukan jari-jari yang lain. Setelah itu coba tarik jari-jari tersebut, semua jari bisa ditarik antara satu dengan yang lain hanya jari manis saja yang hampir tidak bisa ditarik (bahkan tidak bisa). Karena tidak bisa atau sulit terpisahkan inilah menjadi alasan jari manis sangat cocok untuk letak cincin pernikahan.


 

Tinggalkan Balasan