Membuat Auto Shutdown dengan CMD

Membuat PC shutdown secara otomatis dengan jangka waktu tertentu merupakan hal yang saya (atau banyak orang) berfikir “bagaiman sih caranya?”. Banyak program dengan embel-embel “Auto Shutdown” sudah dicoba namun tidak ada yang cocok, bahkan lebih banyak gagalnya. Setelah mencari-cari ternyata ada cara yang sangat mudah sekali tanpa harus install program. Bagaimana? hanya dengan menggunakan perintah CMD saja perintah Auto Shutdown sudah bisa dibuat. Ikuti saja petunjuk di bawah ini untuk membuatnya.


1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka menu RUN kemudian ketik CMD dan enter, atau bisa juga melalui start menu dengan mengetik CMD di bagian search.

02

2. Pada CMD ketik shutdown -s -t(ada satu spasi pemisah setiap perintah) untuk membuat perintah Auto Shutdown, sebelum melanjutkan akan sedikit penjelasan mengenai perintah tersebut.

  • shutdown sesuai dengan nama sebagai perintah awal untuk shutdown.
  • -scommand line untuk melakukan shutdown.
  • -t waktu untuk shutdown dalam hitungan detik, misal ingin membuat auto shutdown dalam waktu 1 jam ketik saja shutdown -s -t 3600
03
contoh : Auto Shutdown dalam waktu 30 detik.

3. Apakah perintah auto shudown bisa di batalkan? Tentu saja bisa. Sama seperti sebelumnya buka CMD kemudian ketik shutdown -a untuk membatalkan perintah.

04

Cara ini bisa dilakukan di semua Windows 7/8/8.1/10, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan