Manfaat Asuransi

Sering kali anda mendengar setiap orang yang anda tanyai apakah anda ikut program Asuransi? mereka menjawab, “gak ah apa itu asuransi, buang uang saja”. Kadang juga ada yang bilang “percuma ikut asuransi, gak penting.”


Padahal kalau anda dapat berpikir lebih jauh ke depan, sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari program Asuransi. banyak sekali keuntungan-keuntungan yang bisa anda peroleh dengan mengikuti program Asuransi.

bykst / CC0 Public Domain
bykst / CC0 Public Domain

Memiliki asuransi adalah salah satu program yang wajib ada di daftar perencanaan keuangan anda. Jangan anggap asuransi sebagai beban keuangan anda karena pada dasarnya asuransi adalah kebutuhan yang penting dan seharusnya dipenuhi oleh setiap individu. Dalam roda kehidupan ini, tanpa disadari banyak sekali ancaman dan bahaya yang disebut dengan risiko kehidupan. Risiko kehidupan tersebut bisa berwujud kecelakaan, sakit, sakit kritis, cacat tetap atau bahkan meninggal dunia.

Namun demikian, banyak diantara Anda yang tidak peduli dengan adanya resiko kehidupan tersebut.Padahal ketika musibah datang menghantui Anda, yang kena dampaknya bukan hanya Anda saja, tetapi keluarga Anda dan orang-orang di sekitar anda yang akan dibuat kelimpungan jika Anda tidak peduli dengan risiko yang terjadi pada diri Anda.

Di saat anda mengalami musibah kecelakaan misalnya,keluarga anda akan bingung kesana kemari mencarikan dana untuk biaya perawatan rumah sakit, obat, rawat jalan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu jangan takut kalau anda harus kehilangan sebagian pemasukan anda untuk mengikuti program asuransi. Sebagai pertimbangan dalam perencanaan keuangan anda yang wajib anda ketahui tentang asuransi sebelum mengikutinya adalah macam-macam asuransi dan besarnya premi tentunya agar dapat menyesuaikan dengan keuangan anda.

Sebagai contoh dan tambahan informasi: Asuransi ada beberapa macam di antaranya adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan,asuransi jaminan hari tua, asuransi properti, asuransi ganti rugi.

Manfaat asuransi kesehatan

Mungkin bagi anda asuransi kesehatan untuk saat ini tidaklah terlalu penting karena anda masih muda yang pada dasarnya masih disibukkan dengan berbagai kegiatan dan aktivitas yang membuat anda aktif.

Secara logika jika anda masih muda resiko penyakit masih tak tampak oleh diri anda, namun seiring dengan berjalannya waktu tubuh anda semakin rapuh karena pertambahan usia, pergerakan anda pun juga akan semakin lambat sehingga mengakibatkan vitalitas menurun dan kondisi fisik melemah, bersamaan dengan itu mulailah timbul beragam penyakit, mulai penyakit yang ringan hingga yang kelas berat yang notabene akan butuh banyak biaya.

Tetapi dengan memiliki asuransi anda sudah tak perlu risau lagi soal biaya,cukup klaim serta menunjukkan bukti-bukti otentik dan kelengkapan pensyaratan maka perusahaan asuransi akan membayarkan biaya-biaya tersebut.

Manfaat asuransi pendidikan

Disaat anda berkeluarga nantinya atau mungkin yang sudah berkeluarga, pastinya anda tidak akan memikirkan hanya untuk saya saja akan tetapi memikirkan apa-apa saja yang harus anda lakukan untuk pemenuhan kebutuhan dan kepentingan keluarga.

Apapun akan anda lakukan agar keluarga anda bahagia, salah satunya adalah program perencanaan keuangan untuk pendidikan anak-anak anda. Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anak anda,Jangan sampai buah hati anda tidak bisa melanjutkan pendidikannya hanya karena masalah kekurangan biaya.

Oleh karena itu salah satu asuransi pendidikan wajib ada dalam daftar perencanaan keuangan keluarga anda agar kelak ketika anak anda beranjak dewasa dan harus melanjutkan pendidikannya sedangkan anda sudah tak mampu lagi untuk membiayainya, anda sudah mempunyai jaminan untuk kelangsungan pendidikan anak anda.

Manfaat asuransi jaminan hari tua

Anda tentu berfikir, disaat menginjak usia lanjut anda tidak mau terlalu merepotkan buah hati anda dengan segala kekurangan anda. Untuk segala resiko tersebut anda harus memikirkannya dari sekarang.

Maka dari itu untuk jaminan hari tua anda, anda wajib mengkuti program asuransi. Program ini memberikan manfaat pembayaran secara sekaligus pada saat anda memasuki masa lanjut usia (masa pensiun) atau saat anda pensiun dini misalnya menjadi cacat, dan kepada ahli waris dalam hal peserta asuransi meninggal dunia.

Manfaat asuransi properti

Bagi anda yang memilki properti seperti rumah, ruko, apartement, mobil dan sebagainya hendaknya untuk mengikuti program asuransi property untuk mengamankan harta benda berharga anda.

Dengan menikmati rasa tentram dan aman dengan perlindungan terhadap aset properti yang anda miliki termasuk di dalamnya komersial ataupun bisnis. Pastikan asset anda terlindungi dengan baik sehingga memberikan ketenangan bagi anda dalam melakukan aktivitas di rumah, maupun di lokasi bisnis. Tujuan mengambil asuransi properti adalah untuk melindungi aset – aset bisnis dari banyak bencana dan kejahatan.


Tinggalkan Balasan