Makan buah nanas terlalu banyak ada bahayanya lho

Buah nanas memang memiliki rasa yang unik, asam tapi segar. Jujur saja ini merupakan salah satu buah favorit saya. Pernah makan buah nanas tapi lama – kelamaan di lidah rasanya sedikit kasar? Ini bukan alergi lho, dan tahukah anda kalau saat kita sedang memakan buah nanas maka mulut kita juga akan dimakan balik oleh nanas? Bukan dimakan seperti manusia maksud saya, tapi menghancurkan mulut anda.


Kenapa buah nanas bisa memakan balik bagian dalam mulut manusia? Ternyata nanas memiliki enzim yang mampu menghancurkan protein dan ini yang membuat nanas mendapat gelar “buah pemakan daging“. Enzim yang saya bicarakan bernama Bromelain dan bukan berarti ini enzim jahat. Karena bromelain sendiri digunakan dalam pengobatan untuk berbagai penyakit dan digunakan dalam perawatan kanker.

Security / CC0 Public Domain
Security / CC0 Public Domain

Tapi bukan berarti anda bisa memakan buah nanas banyak – banyak, sebaiknya dibatasi karena memang mulut anda akan hancur kalau berlebihan. Karena resikonya bisa terjadi pendarahan di bibir, mulut atau lidah.

Fakta menarik lainnya mengenai buah nanas dan masih berhubungan dengan bromelain:


  • Enzim yang sama ini berperan dalam perilaku nanas seperti tanaman karnivora, karena di celah dedaunannya terdapat bromelain dan bisa mengkonsumsi serangga.
  • Petani nanas umumnya tidak memiliki sidik jari karena telah diluluhkan oleh bromelain di tanaman nanas.

Tinggalkan Balasan