Lindungilah PC anda dari Virus Petya!!!

Sempat heboh dengan virus WannaCry, beberapa hari ini muncul virus baru yang bernama Petya. Bahkan vrius petya lebih “ganas” kenapa? Selain mengunci semua file, virus ini juga mengunci harddisk agar pengguna tidak bisa masuk ke sistem operasi. Nah jika terlanjur kena virus ini mau tidak mau harus membayar sekita $300 untuk memulihkan file yang terkunci. Apakah ada solusi atau pencegahnya?


Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kerugian lebih lanjut:

1. Sebelum menyalakan PC matikan semua jaringan koneksi internet (Wifi + LAN) dan segera copy data yang penting. Setidaknya kita mempunyai back up data jika PC terkena virus.

2. Pastikan windows update selalu aktif dan sudah update ke versi yang terbaru.

3. Usahkan install anti virus yang asli dan selalu dalam posisis update. Jika tidak bisa memanfaatkan free trailer 30 hari dan jangan lupa anti virus tersebut harus ada fitur Anti Ransom.

Bagaimana jika PC sudah terlnjur kena?

Ada trik untuk menghindari virus ini dan harus dilkukan dengan cepat. Virus petya akan mengeluarkan warning seperti ini Do not turn off your PC! If you abort this process you could destroy all of your data! Please ensure that your power cable is plugged in” dari warning kita dilarang untuk mematikan PC karena data bisa hilang, padahal disaat itulah virus baru mulai akan menyebar di PC.

Karena itu kita akan melakukan hal sebaliknya, ketika warning keluar segera matikan PC secara paksa (cabut kabel power jika perlu) dan cabut kabel LAN (jika memakai LAN). JIka sudah segera lepas harddisk dan copy data yang penting ke PC lain yang aman. Setelah itu install ulang PC yang akan terkena virus tersebut secara total (hapus semua partisi alias hidup baru).

Namun ada kabar baiknya perkembanngan virus Petya sudah mulai melambat jika dibandingkan WannaCry, namun tidak ada salahnya jika selalu berjaga.


Tinggalkan Balasan