Kumbang kotoran menggunakan bintang sebagai penunjuk jalan

Sungguh unik serangga ini, dimana binatang lain menggunakan inderanya untuk navigasi malah kumbang kotoran (African Scarabaeus zambesianus) memanfaatkan galaksi bimasakti atau bintang sebagai kompas untuk menunjukkan jalannya.


Kumbang kotoran Afrika ini dikenal karena menggunakan kotoran binatang sebagai sumber makanannya, anda mungkin pernah melihat videonya dimana kumbang kotoran membuat bola dari kotoran hewan dengan cara menggelindingikan menggunakan kaki belakangnya.

Rafael Brix / CC BY-SA 3.0
Rafael Brix / CC BY-SA 3.0

Dan mereka pun bertarung untuk mendapatkan makanannya ini, jadi dapat dikatakan persaingan untuk bertahan hidup tidaklah mudah di kalangan serangga ini. Karena itu kumbang kotoran mengembangkan suatu kemampuan unik dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan letak bintang – bintang untuk membantunya dalam bergerak.

Mereka menggunakan kemampuannya yang unik ini untuk berjalan lurus dan mencari tempat yang rendah persaingan dalam memperebutkan kotoran. African dung beetle tidak menggunakan satu bintang melainkan galaksi bima sakti untuk memastikan arahnya. Sebelumnya hanya burung, manusia, anjing laut yang diketahui bisa menggunakan bintang untuk navigasinya.


Tinggalkan Balasan