Penduduk Jerman dilarang makan sosis selama Perang Dunia 1

Siapa yang tidak tahu sosis? Sosis adalah makanan yang berisi daging dan dibungkus, sudah biasa kita temukan dalam hotdog atau barbeque. Tapi apa hubungannya dengan dilarangnya orang Jerman mengkonsumsi sosis selama perang dunia pertama? Larangan membuat dan memakan sosis ini diterapkan di Jerman, Austria, Polandia dan Perancis bagian selatan sewaktu Perang Dunia 1.


Sosis yang dimakan pada masa tersebut (awal 1900an) dibuat secara tradisional dari daging yang dilumatkan dan dibumbui kemudian dibungkus dengan usus sapi atau babi.

Hans / CC0 Public Domain
Hans / CC0 Public Domain

Kebetulan pada tahun berlangsung Perang Dunia 1 adalah awal digunakannya kendaraan terbang (bukan hanya pesawat) secara massal, salah satunya adalah Zeppelin atau balon terbang raksasa sebagai alat militer. Apa hubungannya dengan sosis? Ternyata sangat dekat dilihat dari fungsi lain dari usus sapi.

Zeppelin membutuhkan gas hidrogen untuk menerbangkannya dan bahan terbaik pada masa itu yang digunakan untuk menyimpan gas hidrogen tersebut adalah usus sapi.

PixelAnarchy / CC0 Public Domain
PixelAnarchy / CC0 Public Domain

Proses pembuatan Zeppelin sendiri membutuhkan sapi dalam jumlah yang masif (mencapai 250.000 ekor sapi per Zeppelin) dan ini menyebabkan militer Jerman sewaktu perang dunia pertama melarang adanya pembuatan sosis karena ususnya diperlukan dalam konstruksi Zeppelin. Adanya larangan membuat sosis ini juga berpengaruh terhadap larangan makan sosis. Kalau tidak ada yang memakan sosis jelas tidak ada yang membuat bukan?


Tinggalkan Balasan