Jebakan video offline YouTube

Dengan alasan agar pengguna YouTube dengan koneksi terbatas bisa menonton video tanpa buffering maka tahun kemarin Google meluncurkan fitur offline video. Yang kalau dibaca sekilas seakan kita bisa memutar video tanpa internet, ya ga salah juga secara teknis cuma bahasanya kadang menyesatkan seperti tanpa perlu online untuk memakainya. Kenyataannya memang tidak seindah itu. 😀


Yang kita lakukan sebenarnya hanyalah mendownload videonya lewat aplikasi YouTube dan disimpan secara lokal dalam handphone. Dan file ini (ekstensi .exo) hanya bisa dimainkan dalam aplikasi YouTube. Kesimpulannya untuk menikmati fitur offline video ini kita perlu akses internet awalnya untuk mengunduh videonya dengan resolusi yang diinginkan. Mungkin bisa numpang WiFi cafe kalau yang cari gratisan. 🙂

Tapi ada kabar buruknya, video yang kita simpan itu sifatnya tidak permanen. Dalam batas waktu tertentu (biasanya 48 jam) akan expired dan dihapus otomatis dari perangkatnya. Mau tidak mau ya kita terpaksa download ulang. Perilaku seperti ini kabarnya bertujuan mencegah penyalahgunaan, YouTube tidak menyediakan fitur download video tapi bisa memberikan akses lebih mudah ke video – videonya apabila konektivitas terbatas.

Apakah ada celah atau cara mengatasi video yang kadaluarsa ini? Bukannya tidak ada, tapi bisa dikatakan percuma karena akan menunda apa yang pasti terjadi. Sampai artikel ini ditulis kita masih bisa menonton video yang expired asalkan hp anda dinonaktifkan internetnya dan tanggalnya dimundurkan. Tidak ada jaminan trik ini akan berlaku kedepannya.

Oh ya, anda tidak bisa menyimpan video kalau kapasitas penyimpananya yang kosong kurang dari 5%, coba ganti ke SD card supaya lebih hemat dan tidak membebani internal storage.


Tinggalkan Balasan