Ide Gila, Toko Otomatis dan Berjalan Sendiri!!!

Inilah masa depan, sebuah startup Swedia bernama Wheelys sedang berusaha membuat sebuah toko berjalan dan bekerja otomatis!!! Benar-benar otomatis alias tanpa satu orang pun yang akan bekerja dan mengerakan. Ide gila namun luar biasa ini dinamakan Moby Mart.


The moby mart

Moby Mart ini berukuran seperti Mini Bus. Kemudian bus ini akan dikendalikan penuh oleh AI (artificial intelligence) dan komputer untuk berjalan secara otomatis. Prototype Moby Mart sudah dicoba di Shanghai kemarin, tetapi masih dikendalikan oleh manusia.

Yang di jual pun tidak jauh beda dengan toko atau modern store pada umumnya ada makanan, minuman, majalah dan lainnya. Tidak akan ada kasir, antrian, dan pastinya pembayaran tidak bisa tunai (pakai debit atau kartu kredit).

Dalam memilih barang yang akan dibeli cukup melakukan scan saja, setelah itu moby mart pun akan memproses. Bahkan ada ide ketika stock barang ada yang habis, maka moby mart bisa secara otomatis menuju gudang untuk melakukan re-stock.

Kemudian ada fitur yang bisa memanggil moby mart (seperti delivery service cuma ini tokonya yang datang). Meskipun idenya terlihat wah, tetapi masih belum tahu apakah rencana ini bisa terwujud atau tidak. Pengembangan masih terus dilakukan (kerja sama dengan Chinese university) dan Shanghai akan menjadi kota untuk test protoype.

Jadi kita tunggu saja kabar selanjutnya.


Tinggalkan Balasan