Hal-hal yang menyebabkan baterai Android cepat habis

Pemakai android baik smartphone maupun tablet pasti sering mengeluh hal ini “kok baterai cepat habis ya?”. Karena banyaknya keluhan masalah baterai, akhir-akhir ini banyak vendor android mengeluarkan seri unit dengan baterai diatas 3.000 mAh. Namun kira-kira apa penyebab baterai android cepat habis?


Ada beberapa hal yang mempengaruhi seperti:

1. Sinyal yup inilah musuh terbesar baterai. Tidak stabilnya sinyal yang di tangkap, menyebabkan baterai lebih cepat boros. Terutama jika sering berpergian otoamtis sinyal yang di tangkap pasti berubah-rubah. Gunakan Airplane mode jika daerah yang dikunjungi lemah sinyal atau tidak ada.

2. Aplikasi terlalu banyak, terkadang aplikasi yang kita download (yang gratis terutama) disisipi banyak iklan. Nah iklan inilah juga penyebab boros baterai. Jadi bijak-bijaklah dalam memiliki aplikasi.

3. GPS atau Location fitur ini pasti kita aktifkan. Terutama bagi yang suka sekali bersosmed, atau sedang berpergian dengan penunjuk GPS. Tetapi GPS ini juga boros dalam baterai, jadi matikan GPS jika tidak terpakai.

4. Game yup pastinya bermain game akan mebut baterai sangat boros dan android cepat panas.

5. Brightness alias pencerahan cahaya layar pada unit jika terlalu terang juga menyebabkan baterai cepat boros.

6. Live wallpaper meskipun terlihat indah, namun cukup boros di baterai.

7. Panas jika unit terlalu panas jangan dipaksa untuk memakainya. Karena selain tidak nyaman dalam pemakaian, baterai menjadi lebih boros.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan baterai di android boros, namun justru hal diatas ini lah yang paling / pasti kita lakukan setiap harinya. Usahakan juga update versi android secara berkala.


Tinggalkan Balasan