Apa fungsi dari modul silinder yang ada di adaptor notebook?

Jika diperhatikan hampir di setiap adaptor notebook memiliki sebuah benda atau modul yang berbentuk silinder. Nah apakah modul tersebut memiliki fungsi? atau mungkin hanya sekedar aksesoris saja?


Modul silinder tersebut dinamakan ferrite bead atau ferrite chocke. Ferrite ini merupakan sebuah induktor (komponen pasif eletrik) yang bertujuan untuk menahan (atau menghalangi) tegangan listrik tidak stabil.

ferrite-bead

Jadi meskipun terlihat seperti aksesoris saja, fungsi dari silinder ini sangatlah penting bagi kelangsungan “hidup” adaptor dan notebook kita. Tetapi yang perlu diingat bahwa silinder ini bukan menghilangkan tegangan listrik yang tidak stabil, melainkan hanya menahan atau menghalangi.

Karena itu kasus notebook rusak disebabkan karena tegangan listrik yang tidak stabil masih sangat banyak. Terutama jika kita memakai notebook pada saat hujan atau pemakaian di area kos, kampus (area yang padat penghuni) pasti lebih sering mengalami kerusakan. Berhati-hatilah dalam menggunakan notebook, terutama dimana hujan mulai sering turun.


Tinggalkan Balasan