Ciri-ciri Hard Disk bermasalah

Hard disk rusak merupakan hal yang paling menjengkelkan sekali, bagaimana tidak semua data pasti tersimpan didalamnya. Belum lagi apabila ada file penting atau koleksi film belum sempat di back up dan tiba-tiba hard disk sudah ngadat duluan, jengkel, emosi, pasti bercampur aduk jadi satu. Nah untuk mengantisipasi hal tersebut dibawah ini ada ciri-ciri hard disk akan “wafat”.


1. Hard Disk lambat atau lemot hal ini pasti sering terjadi pada setiap PC dan bukan berarti lambat = hard disk rusak. Untuk memastikan, langkah pertama coba install ulang dulu OS (Operating System), jika masalah lambat masih tetap terjadi coba lakukan format total pada hard disk. Jika masih tetap lambat apalagi ketika proses install ulang dan format memakan waktu lama, bisa dipastikan hard disk bermasalah.

Evan-Amos / CC BY-SA 3.0
Evan-Amos / CC BY-SA 3.0

2. Bunyi Hard Disk terlalu keras dan aneh yup bunyi juga menjadi salah satu tanda hard disk bermasalah. Memang hard disk pasti mengeluarkan bunyi dikarenakan berputar untuk melakukan read/write data, namun jika bunyi yang dihasilkan terlalu keras dan mengeluarkan bunyi seperti “crekkk….crekkk…crekkk” berarti ada yang tidak beres dengan kondisi hard disk, segera back up data yang penting sebelum kondisi menjadi lebih parah.

3. Blue Screen alias layar biru yang pasti muncul jika ada masalah pada PC. Blue Screen sebenarnya merupakan kode error untuk mengetahui dimanakah letak masalah. Namun pada hard disk yang bermasalah blue screen akan sering terjadi.

Jika hal ini terjadi langkah pertama coba install ulang OS terlebih dahulu, apabila masih tetap blue screen coba bersihkan atau ganti RAM. Jika blue screen masih tetap terjadi, langkah terakhir lakukan pergantian hard disk untuk memastikan bukan hardware lain yang bermasalah. Apabila setelah pergantian tidak terjadi blue screen, dipastikan hard disk bermasalah.

4. Hard disk sering tidak terbaca mau masuk OS kok tiba-tiba hard disk hilang atau tidak bisa masuk OS ? masalah ini juga sering dialami, namun sebelum memutuskan bahwa hard disk yang bermasalah.

Coba periksa kabel hard disk bagi pengguna PC Desktop, untuk laptop coba lakukan reconnect (lepas dan pasang lagi) hard disk. Jika masalah masih tetap terjadi sama dengan langkah di atas, coba lakukan pergantian hard disk untuk memastikan hardware yang lain tidak ada masalah.

5. Stuck (berhenti )di logo vendor setelah menyalakan PC layar hanya berhenti di logo awal (logo vendor), jika ini terjadi dipastikan hard disk bermasalah. Segera bawa ke service PC terdekat mungkin saja data masih ada yang bisa diselamatkan.

Nah itulah ciri-ciri hard disk bermasalah atau akan “wafat”, jika mengalami salah satu ciri diatas segera back up data penting anda. Semoga bermanfaat


 

Tinggalkan Balasan