Cara upgrade Mozilla Firefox 32-bit ke 64-bit

Sudah dari tahun 2015 Mozilla merilis versi 64-bit dari Firefox tapi banyak yang tidak belum menggunakannya walaupun sistem operasinya sudah 64-bit. Hal ini bisa dikatakan bukan merupakan masalah yang besar karena program 32-bit di Windows masih kompatibel dan bisa dijalankan secara normal dalam Windows yang 64-bit, tapi akan sangat disayangkan sekali karena proses 32-bit tidak akan bisa secara maksimal memanfaatkan arsitektur 64-bit.


Kenapa sangat sedikit yang menggunakan Mozilla Firefox 64-bit? Mudah saja, tinggal anda buka situs resminya disini: https://www.mozilla.org/en-US/firefox/new/ dan link downloadnya sendiri tidak menjelaskan ini akan mengunduh yang jenis apa.

Bahkan yang didownload adalah stub installer, yang nantinya akan mengunduh installer untuk Mozilla Firefox 32-bit.
Bahkan yang didownload adalah stub installer, yang nantinya akan mengunduh installer untuk Mozilla Firefox 32-bit.

Tapi yang menjadi pertimbangan utama sebagai hambatan upgradenya adalah masalah riwayat browsing, profil user, bookmark, username & password dan hal – hal lain yang termasuk personalisasi browser. Kabar baiknya ternyata ini adalah hal yang mudah solusinya. 🙂

Bagaimana caranya? Langkah pertama adalah silahkan download saja Mozilla Firefox terbaru yang edisi 64-bitnya: https://www.mozilla.org/en-US/firefox/all/?q=indonesia Saya contohkan adalah versi 48.0 disini dalam bahasa Indonesia.

Download Mozilla Firefox terbaru bahasa Indonesia

Kemudian jalankan saja installernya dan secara otomatis apa yang ada dalam browser Firefox satunya akan ikut diimpor ke Firefox yang baru. Yup, memang semudah itu. Saya juga kaget karena tidak sesulit ekspetasi sebelumnya. 😀 Setelahnya bisa langsung anda uninstall yang 32-bitnya. Aman kok.

Tentu saja ada kekurangannya misalkan kita memakai Firefox 64-bit. Beberapa plugin seperti Adobe Flash, Microsoft Silverlight, Java dan Unity misalnya masih nbelum kompatibel. Kalau anda ternyata masih membutuhkannya bisa anda tunda dulu proses upgradenya atau tetap biarkan saja Firefox yang 32-bit, jadi gunakan bersamaan tergantung kebutuhan.

Tapi kalau anda mengalami masalah setelah upgrade maka bisa mengembalikan (downgrade) dengan metode yang sama, tinggal download dan install Firefox 32-bit dan sama prosesnya semua data pribadi akan ikut diambil dan dipindahkan.


Tinggalkan Balasan