Cara recovery windows 10 di laptop HP

Setiap membeli laptop yang sudah include (bundle) dengan Windows 10 original sudah tidak mendapatkan CD Windows sebagai cadangan. Kebijakan ini sebenarnya sudah berlaku sejak di Windows 8 dan Windows 8.1. Nah bagaimana jika windows mengalamai masalah? bagaimana cara untuk install ulang atau recovery windows? hal ini bisa di selesaikan dengan System Recovery. Masalahnya tidak semua merek menyediakan fitur tersebut, nah salah satunya HP menyediakan fitur recovery dan caranya sangat mudah. Bagaimana caranya? ikuti saja petunjuk dibawah ini.


Sebelum memulai recovery windows ada hal yang perlu diperhatikan yaitu semua file dan data akan hilang semua. Alias laptop akan kembali seperti awal pembelian. Jadi jika ada file atau data yang penting harap di selamatkan terlebih dahulu (jika masih bisa). Ada dua cara untuk memasuki mode recovery yaitu melalui Windows dan Bios, tidak ada bedanya hanya mau mulai dari mana.

Melalui Windows.

1. Pada windows search (tekan gambar kaca pembesar di kiri bawah) ketik HP Recovery. Nanti akan keluar pilihan dan pilih HP Recovery Manager.

2. Setelah itu pada menu Recovery Manager pilih Windows Recovery Environment. Kemudian laptop akan restart untuk memasuki menu berikutnya.

3. Nah pada menu ini pilih Troubleshoot (Reset your PC…).

4. Pilih Recovery Manager pada pilihan berikutnya.

5. Masuk lagi pada menu Reocvery Manager dan pilih System Recovery (restore your computer…).

6. Pada pilihan yang terakhir pilih Recover without backing up your files. Jika memilih back up your files first maka akan memakan waktu yang lebih lama lagi. Juga dari pengalaman file yang di back up terkadang error dan tidak bisa di akses.

Melalui Bios.

Ketika menyalakan laptop langsung tekan F11 untuk memasuki System Recovery. Nah langkah berikutnya sama dengan langkah 3 – 6 diatas.

Waktu yang dibutuhkan recovery cukup lama biasanya 1 – 2 jam (mungkin bisa lebih juga). Jadi ditinggal saja karena recovery berjalan secara otomatis. Posisi laptop harus sambil nge-charge untuk bisa melakukan recovery. Recovery Windows bisa hilang jika pernah melakukan install ulang laptop secara manual (alias bajakan) atau master recovery terkena virus. Itulah cara melakukan recovery Windows 10 di laptop HP selamat mencoba.


5 Comments

  • saya udah berhasil recovery nih, tapi partisi jadi 1, saya coba buat 2 partisi pake partition magic malah error n gak bisa recovery lagi, solusinya gmna yah?
    backup windows ori nya ada di beda partisi, cara recover dari situ gmna ya?

    Reply
  • tanya dong, saya udh berhasil recovery, krn HD jadi 1 partisi saya coba bikin jadi 2 pake partition magic tapi malah crash n gak bisa masuk lagi, di recovery juga gak bisa, akhirnya saya install windows bajakan untuk sementara
    cara recovery dari partisi recovery gmna ya? atau mungkin ada solusi lain?

    Reply
  • Laptop saya saat beli hardisknya SATA HDD 1 tera, lalu saya tambah SSD, saat saya mau recovery windowsnya apakah nanti windowsnya lsg masuk ke SSD ?

    Reply

Tinggalkan Balasan