Cara mudah mengetahui driver yang dicari

Menyambung artikel sebelumnya tentang bagaimana cara mendownload driver AMD. Nah bagaimana bila yang terjadi kita tidak tahu tipe driver atau hardware apa yang akan kita cari? Dus book hilang, tipe laptop atau pc tidak diketahui. Nah bagaimana cara kita mengetahui jenis atau tipe driver apa yang ingin di cari?


Tenang saja ada cara yang cukup memudahkan kita untuk mengetahui jenis hardware dan tidak perlu repot untuk membongkar. Bagaimana? Ikuti saja petunjuk dibawah ini.

1. Masuk ke device manager. Caranya? buka windows run (tekan bersamaan tombol Windows + R) kemudian ketik devmgmt.msc dan enter (berlaku di semua windows).

Atau bagi pengguna windows 8.1 dan 10 cukup tekan tombol Windows + X secara bersamaan, nanti akan keluar menu dan pilih Device manager.

2. Nanti akan keluar semua list driver baik yang sudah terinstall atau belum. Jika belum maka akan ada tanda tanya (seperti pada gambar).

Nah klik kanan pada driver yang ada tanda tanya > properties > details > kemudian pada property rubah menjadi Hardware Ids (lihat gambar). Kemudian value pada baris pertama di copy dan tinggal search saja di internet.

Ketika di search biasanya akan tampil di halaman pertama (contoh gambar). Kecuali tipe yang masih sangat baru biasanya belum terbaca.

hasil pencarian

Hasil pencarian ini memang tidak 100% akurat namun sangat membantu sekali jika kita tidak tahu sama sekali driver apa yang harus dicari, selamat mencoba.


Tinggalkan Balasan