Cara menjalankan bin file

Bagi yang sering memainkan emulator game pasti familiar sekali dengan format file ISO, IMG, BIN, CCD, MDS dan sejenisinya. Nah pasti lebih banyak yang suka atau familiar dengan format ISO atau IMG, karena tidak bingung untuk menjalankannya. Bagaimana dengan format BIN? mungkin banyak yang tidak suka dengan format ini.


Mengapa? jika hasil download hanya berupa satu file mungkin tidak menjadi masalah, namun yang sering terjadi file bin terpecah menjadi beberapa bagian. Untuk menggabungkannya pun cukup sulit, karena membutuhkan beberapa program dan belum tentu berhasil juga.

Jadi bagaimana cara menjalankan file tersebut? sangat mudah sebenarnya, banyak yang terpaku untuk menggabungkan file bin yang terpecah. Namun hal itu tidak perlu, cukup jalankan (atau mount) file dengan ekstensi .CUE.

Pada saat meng-ekstrak file bin biasanya akan terdapat dua file yang berbeda. File dengan ekstensi .BIN dan .CUE. Seperti contoh pada gambar dibawah meskipun file bin terpecah menjadi delapan belas bagian (track), nah cukup menjalankan file cue (ukurannya kecil karena hanya text saja) maka file bin bisa terbaca normal.


Tinggalkan Balasan