Cara menghemat tinta printer

Printer merupakan hal yang pasti sering digunakan oleh hampir semua orang dan golongan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja , bahkan orang tua pasti menggunakan printer untuk mencetak. Karena sering digunakan tentu banyak yang berfikir bagaimana cara menghemat tinta sehemat mungkin. Mulai dari memodifikasi printer agar bisa di infus / refill atau membeli jenis printer yang sudah berteknologi Ink Advantage alias sudah hemat tinta dan dengan harga cartridge / tinta lebih murah.


TeroVesalainen / CC0 Public Domain

Sebenarnya ada beberapa hal kecil atau tips yang bisa membantu dalam menghemat penggunaan tinta,

1. Print yang penting saja.

Meskipun keliatannya sepele namun secara tidak sadar kita sering melakukan hal ini. Mulai dari salah margin, ukuran tabel salah, salah mengetik, dll. Akhirnya sering kali melakukan print yang percuma alias dibuang. Gunakan Print Preview atau Page Preview untuk memastikan yang akan di print sesuai atau tidak.

2. Pilihlah font yang tepat.

Ukuran dan desain font juga mempengaruhi pengunaan tinta. Gunakan standar font (Arial, Times Neww Roman misalnya) jika hanya mengetik dokumen biasa.

3. Print dengan tinta hitam.

Jika tidak dibutuhkan kurangi, bahkan jangan memakai tinta warna. Set juga untuk quality print menjadi paling rendah, biasanya draft atau fast bisa juga nama yang lain tergantung jenis printer yang digunakan. Jika ada pilihan seperti Use Black Ink Only manfaatkan, karena otomatis hasil print hanya memakai tinta hitam meskipun ada yang berwarna.

4. Sering “membersihkan” printer.

Membersihkan disini bukan berarti membongkar printer untuk dibersihkan. Karena tidak semua bisa dan ada resikonya juga. Cukup gunakan fungsi Clean yang sudah ada di software / driver printer. Bersihkan secara berkala agar printer tetap hemat dan tidak mudah rewel.

5. Gunakan tinta hinga habis.

Meskipun ada peringatan yang menandakan Cartridge habis (biasanya lampu indikator berkedip), tetap gunakan untuk print hingga cartridge benar-benar habis. Karena peringatan hanya menandakan cartridge akan habis bukan sudah habis.

6. Belilah Cartridge atau Tinta yang asli.

Semakin maraknya printer yang berteknologi Ink Advantage seharusnya sudah membuat harga cartridge lebih murah dan irit dalam penggunaan. Karena itu sangat disayangkan apabila masih ada saja orang yang me-refill cartridge yang sudah Ink Advantage. Karena harga refill pun tidak terlalu murah dan pengunaan tinta menjadi lebih boros. Belum lagi resiko tinta bocor yang bisa menyebabkan printer rusak.

Itulah beberapa tips untuk membuat tinta agak sedikit lebih hemat, selamat mencoba.


Tinggalkan Balasan