Cara mengatasi video “freeze” di Youtube

Bagi para pengguna smartphone terutama samsung seri A5 2016, A7 2016, Note 3, Note 4 dan mungkin juga beberapa seri yang lain pasti mengalami error yang cukup unik yaitu video freeze di resolusi 1080p60 tetapi audio masih berjalan.


Yup hanya di resolusi 1080p60 saja error terjadi, bila video berjalan di resolusi yang lain (720p60 misalnya) freeze tidak terjadi. Error ini terjadi bukan dikarenakan app youtube yang bermasalah, karena dengan smartphone yang lain tidak mengalami error.

Meskipun sudah dikomplain hampir semua pengguna samsung dipenjuru dunia (contoh) namun masih belum ada tindakan lebih lanjut dari samsung untuk mengatasi. Hingga artikel ini ditulis masih belum ada update lebih lanjut.

Adakah solusi untuk mengatasinya? sebenarnya error ini bukan hal yang fatal, hanya saja tidak puas rasanya sudah membeli smartphone dengan harga yang agak tinggi namun tidak mendapatkan performance yang seharusnya.

Solusi yang paling mudah adalah play video dengan resolusi 720p60. Dengan layar sekitar 5″ – 5,5″ kualitas video 720p60 tidak kalah dengan 1080p60.

Atau bisa mencoba langkah dibawah ini:

1. Masuk ke developer option, untuk cara membuka developer option bisa melihat disini.

2. Nah pada menu developer option ini cari dan aktifkan 3 hal dibawah ini:

  • Force GPU rendering.
  • Turn on 4x MSAA.
  • Turn off hardware overlays. (lihat gambar jika bingung)

Jika sudah coba play lagi video dengan resolusi 1080p60 dan seharusnya sudah tidak terjadi freeze lagi (berhasil pada Samsung A7 2016(A710FD)). Namun cara ini belum tentu berhasil di semua smartphone, jika gagal jangan lupa untuk mematikan 3 hal tersebut selamat mencoba.


Tinggalkan Balasan