Cara mengatasi tidak ada koneksi internet

Pasti banyak di antara kita yang pernah mengalami kasus aneh seperti “There is no internet conncection” alias tidak ada koneksi internet, padahal jaringan internet normal. Wifi di coba bisa, kabel lan pun dicolokan ke unit lain bisa. Tapi kenapa hanya pada pc atau laptop kita tetap tidak bisa internet?


Penyebabnya pun bisa bermacam-macam tetapi yang paling sering menjadi penyebab adalah perubahan IP, DNS, atau Proxy. Baik sengaja maupun tidak sengaja perubahan IP, DNS, atau Proxy sering kali menyebabkan internet tidak bisa digunakan. Bagaimana cara mengatasinya? sangat mudah sekali,

  1. Masuk Control Panel kemudian pilih Network and Sharing Center.
  2. Kemudian pilih Change adapter settings.

3. Kemudian klik kanan saja pada koneksi yang kita pakai kemudian pilih Properties. Misalnya jika memakai jaringan wifi untuk internet, maka klik kanan saja pada wifi kemudian masuk properties.

Nah double klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

5. Nah pada pada kolom IP dan DNS harus di setting automatically (seperti pada gambar) setelah itu klik ok.

Setelah itu coba test apakah sudah bisa untuk internet. Jika tidak bisa bisa mungkin ada masalah pada Proxy dan bisa mencoba langkah dibawah ini.

1. Buka Run (tombol windows +R) kemudian ketik inetcpl.cpl.

2. Pilih tab Connections dan pilih LAN settings.

3. Nah apabila Use proxy server for your LAN dalam posisi terisi dan ter-centang. Hilangkan centang tersebut kemudian pilih Automatically detect settings (seperti pada gambar), Setelah itu klik ok dan coba test lagi internet,

Seharusnya di antara kedua cara diatas sudah menyelesaikan masalah. Jika masih belum bisa mungkin ada masalah di Windows atau Hardware. Jadi bisa mencoba untuk install ulang windows untuk memastikan, selamat mencoba.


18 Comments

Tinggalkan Balasan