Cara mengatasi Hal.dll missing or corrupt

Error Hal.dll is missing atau corrupt biasanya muncul pada saat akan menjalankan windows. Pesan error akan muncul pada saat mau masuk ke windows. Error ini sebenarnya sangat jarang keluar, jika dibandingkan di windows xp. Kenapa error ini terjadi? Apakah ada solusi untuk mengatasinya?


Penyebab error muncul bisa jadi karena file hal.dll rusak atau hilang, atau bisa juga karena ada masalah pada saat booting windows secara software maupun hardware (harddisk). Nah ada beberapa cara untuk mengecek atau mengatasinya seperti,

1. Coba restart pc, mungkin saja error timbul karena restart yang kurang sempurna. Jadi jika pesan error muncul matikan pc secara paksa (karena tidak mungkin di restart) dan coba jalankan lagi.

2. Cek order boot di bios, tidak ada salah mengecek susunan boot order di bios. Mungkin saja ada yang berubah sehingga pc salah melakukan boot. Untuk masuk cara bios setiap pc atau laptop berbeda-beda. Untuk PC biasanya menekan Del, sedangkan pada laptop ada yang menekan F2, F10, ESC, atau Del.

3. Coba install ulang windows, jika restart pc dan mengecek order boot sudah dilakukan dan error masih tetap keluar. Mau tidak mau coba lakukan install ulang secara total. Karena kemungkinan sangat besar windows sudah corrupt.

4. Cek harddisk, ini ada langkah terakhir dan kemungkinan yang paling parah. Jika install ulang tetap tidak menyelesaikan masalah, maka harddisk perlu di cek apakah rusak atau tidak. Coba diperhatikan juga pada saat install ulang apakah memakan waktu lebih lama? jika iya hampir dipastikan harddisk bermasalah.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi hal.dll is missing atau corrupt, selamat mencoba.


Tinggalkan Balasan