Cara mengatasi error 0xc000007b / 0xc00007b PES 2017

Salah satu error yang juga sering muncul pada saat akan menjalankan game, salah satunya juga terjadi saat akan menjalankan PES 2017. Error ini muncul biasanya karena file dll yang belum sempurna atau dll yang missing di input secara manual. Ada 2 cara untuk mengatasi error ini silahkan mencoba salah satu.


Cara yang pertama, sebelumnya pastikan koneksi internet lancar:

  • Masuk C:\Windows\System32 kemudian hapus semua file dengan awalan d3dx9 dan D3DX9
  • Masuk lagi C:\Windows\SysWOW64 sama juga hapus semua file dengan awalan d3dx9 dan D3DX9
contoh file
  • Kemudian ikutilah langkah pada link ini.
  • Restart pc dan coba jalankan kembali game.

Cara yang kedua, update atau memperbaiki file vcredist (Visual C++Redistributable Package) yang ada. Game lama maupun baru pasti memerlukan file ini karena itu harus terupdate sesuai yang dibutuhkan game tersebut.

Biasanya file sudah tersedia pada folder master setiap game, coba buka satu persatu folder yang ada dan cari file vcredist.

Jika tidak ada tenang saja bisa mendownload disni. Nah ketika membuka link tersebut akan banyak pilihan yang tersedia, namun jangan bingung ikuti saja petunjuk dibawah ini.

1. Akan tersedia banyak pilihan dari Visual Studio 2015, 2013, 2012, 2010, dan 2008. Biasanya yang sering dibutuhkan versi 2013 kebawah. Untuk mendownload cukup klik tulisan yang diawali “Microsoft Visual C++ Redistributable Packages for Visual Studio” (lihat gambar) sesuai dengan versi berapa yang dibutuhkan.

2. Klik tombol download.

3. Pilih berapa bit (sesuai denga windows) x86 = 32bit x64 = 64bit, kemudian next.

4. File akan di download, jika sudah jalankan file vc_redist.

Antara 2 cara diatas seharusnya bisa menyelesaikan masalah error 0xc000007b, selamat mencoba.

*update

Melanjutkan tentang solusi error 0xc00007b, karena error ini banyak sekali penyebabnya maka banyak juga solusi yang bisa di coba.

* Jalankan program atau game dengan Administrator meskipun keliatan sepele tapi hal ini bisa menghilangkan error. Caranya sangat simpel sekali cukup klik kanan pada Shortcut atau Master app kemudian pilih Run as administrator.

Jika cara ini berhasil, maka ada baiknya program atau game tersebut selalu diset untuk Run as administrator. Caranya sangat mudah klik kanan pada Shortcut atau Master app kemudian pilih Properties > Compatibility > kemudian centang pilihan Run this program as an administrator dan klik Ok.

* Install ulang program atau game coba ingat lagi pada saat menginstall apakah antivirus dalam keadaan on? Jika iya disarankan untuk menginstall program atau game lagi, tetapi anti virus dalam keadaan mati.

Anti virus dalam keadaan mati bukan berarti kita harus menghapus anti virus dari pc. Cukup mematikan Protection (Real-time protection mungkin pada umumnya) sementara hingga proses menginstall selesai.

* Re-install Directx karena ada kemungkinan untuk file Directx yang ada bermasalah. Karena itu bisa mencoba untuk menginstall atau mengupdate directx, selangkapnya bisa membaca disini.

* Install net framework terbaru net framework yang belum terupdate atau rusak juga bisa menjadi penyebab error ini mucul. Karena itu bisa mencoba untuk download net framework terbaru disini (versi paling baru pada saat artikel ini ditulis adalah 4.6.2). Setelah selesai men-download langsung saja menginstall net framework pada pc.


3 Comments

Tinggalkan Balasan