Cara mengatasi booting Windows 10 lambat

Windows 10 merupakan seri terbaru windows yang memiliki fitur lebih baik dari seri sebelumnya. Salah satunya windows 10 menawarkan booting yang lebih cepat dari pada seri-seri sebelumnya.


Namun pada kenyataannya banyak pengguna justru merasakan sebaliknya, booting di windows 10 memakan waktu lebih lama daripada seri-seri sebelumnya. Apakah ada solusi untuk mengatasinya? tentu saja ada, meskipun belum tentu berhasil 100% namun tidak ada salahnya mencoba.

Ada dua solusi untuk mengatasi hal tersebut, antara lain:

1. Mematikan Fast Boot.

Loh kok di matikan? yup meskipun dari nama fitur untuk mempercepat booting, namun dalam prakteknya yang terjadi justru kebalikannya. Banyak sekali komplain tentang fitur fast boot justru membuat booting semakin lama.

Bagaimana cara mematikan? ikuti saja petunjuk di bawah ini.

  1. Klik kanan pada indikator baterai / power di sebelah kanan bawah, kemudian pilih Power Options.
  2. Kemudian pilih Choose what the power buttons do.
  3. Pada menu berikutnya pilih Change settings that are currently unavailable.
  4. Setelah di klik maka pada bagian bawah akan pilihan Turn on fast startup (recommended) yang sudah di terccentang. Nah hilangkan centang di mode ini untuk mematikan fast boot.

Jika bingung bisa melihat gambar dibawah ini,

1. Masuk di power options
1. Masuk di power options
2. Choose what the power buttons do.
2. Choose what the power buttons do.
3. Change settings that are currently unavailable.
3. Change settings that are currently unavailable.
4. Hilangkan centang di fast boot.
4. Hilangkan centang di fast startup.

2. Merubah Virtual Memory Settings.

Satu hal lagi yang menjadi salah satu penyebab booting windows 10 lambat, terutama setelah update yang terbaru yaitu pemakaian virtual memory secara maksimal.

Penggunaan virtual memory secara maksimal bukan menyebabkan kinerja booting menjadi cepat, justru kebalikannya menyebabkan kinerja menjadi lebih lambat lagi dan ini sudah menjadi setting default dari windows 10. Apakah bisa di rubah? tentu saja bisa dan sangat mudah sekali

  1. Di windows search (gambar kaca pembesar kiri bawah) ketik saja Adjust the appearance and performance of Windows, kemudian enter.
  2. Nah di Performance Options pilih tab Advanced kemudian di Virtual Memory pilih change.
  3. Di tab virtual memory hilangkan centang di Automatically manage paging file size for all drives, kemudia pilih Custom size.
  4. Akan ada 2 kolom Initial Size dan Maximum Size, isi kedua kolom itu berdasarkan nilai recomended yang berada di bawah (lihat gambar dibawah). Setelah itu klik Set dan ok.
merubah nilai virtual memory
merubah nilai virtual memory

Restart pc untuk merasakan efek, seharusnya ada perubahan kecepatan waktu booting. Jika masih mengalami masalah yang sama di sarankan untuk memeriksa kondisi windows (jika perlu instal ulang jika dirasa booting terlalu lama) dan harddisk, selamat mencoba.


Tinggalkan Balasan