Bom nuklir itu seberapa kuat sih?

Kita tahu bahwa bom nuklir adalah senjata pemusnah massal terkuat saat ini dan bisa membuat Jepang mengibarkan bendera putih setelah Hiroshima dan Nagasaki menjadi korbannya. Dari buku sejarah memang dibahas sekilas juga bagaimana efeknya. Tapi tetap akan sulit membayangkan karena sudah lama sekali. Bagaimana apabila Indonesia diserang oleh bom nuklir? Kalau penasaran ada caranya lho.


Bagaimana caranya? Yuk pakai saja NUKEMAP untuk memperkirakan efek dari jatuhnya nuklir pada kota – kota di Indonesia. Tinggal kita simulasikan saja akan terjadi di kota apa dan menggunakan bom apa. Banyak kok bom – bom nuklir dari berbagai negara yang bisa dipilih, juga berapa kiloton kekuatannya. Kurang kuat? Isikan secara manual saja berapa kiloton tingkat penghancurannya.

nukemap-jakarta-fatman

Misal tepat di Jakarta diledakkan si Fatman (bom yang dijatuhkan di Nagasaki) maka efeknya bisa terasa sampai 2.2km. Dengan estimasi 169.950 tewas dan 383.840 terluka hanya dalam waktu 24 jam. Mengerikan sekali bukan? 😮

Untungnya sudah ada perjanjian kerjasama soal keamanan nuklir ini. Jadi tidak sembarang negara bisa mengembangkannya karena keterbatasan teknologi, sumber daya dan resiko embargo internasional.

Walaupun nuklir tampaknya sangat berbahaya tapi dijadikan senjata yang membuat perang dingin tidak meningkat menjadi perang dunia ketiga. Sekarang lebih difokuskan menjadi sumber energi ramah lingkungan dibandingkan minyak dan batu bara yang menghasilkan polusi. Tentunya dengan keamanan lebih ketat supaya Chernobyl dan Fukushima tidak terulang lagi. Radiasi itu hal berbahaya sekali untuk kesehatan.


Tinggalkan Balasan