Boeing mengembangkan pesawat mata – mata yang bisa terbang selama 5 tahun sekali jalan

Sebuah proyek bernilai 90 juta dollar Amerika yang disponsori DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) akan mengembangkan sebuah pesawat mata – mata yang berbeda dari sebelumnya. Boeing yang ditunjuk sebagai pengembangnya dalam rancangan awal akan membuat pesawat dengan rentang sayap mencapai 120 meter. Jenis pesawat ini termasuk dalam HALE (High Altitude Long Endurance), dan mampu beroperasi dalam ketinggian 18.000 km sampai 27.000 km.


Kelebihan lain dari Boeing SolarEagle ini adalah bahan bakarnya berasal dari tenaga matahari yang mencapai 5 kiloWatt dan ini membuatnya mampu terbang selama 5 tahun tanpa perlu mendarat.

NASA / Public Domain
NASA Helios Cthomas / Public Domain

Tentu saja yang didesain adalah pesawat tanpa awak, mana mungkin akan dibuat pesawat yang terbang begitu lamanya tapi dengan operator manusia ikut terbang. Karena lebarnya sendiri cukuplah masif kalau dibandingkan pesawat mata – mata tanpa awak generasi sebelumnya seperti Predator dan Reaper bisa dikatakan orientasinya adalah kemampuan memantau dalam jangka panjang dan konstan.

Kalau menggunakan matahari sebagai bahan bakar kenapa masih perlu turun setelah 5 tahun? Mudah saja penyebabnya, karena masih dibutuhkan perawatan mesin dan 5 tahun adalah estimasi terbaik jadi besar kemungkinan tidak sampai 5 tahun harus dilakukan maintenance.


Tinggalkan Balasan