Cara berhenti berlangganan IndiHome

Mungkin karena pertimbangan biaya atau tawaran ISP sebelah lebih menarik hati (dan kantong) akhirnya memilih untuk berhenti langganan IndiHome. Apalagi channel USEETVnya juga sudah dikurangi. Supaya tidak jadi masalah dan billing masih jalan maka ada baiknya langsung mengajukan pemutusan ke Telkom, setidaknya menunggu sampai ISP penggantinya sudah online di rumah. 😀


Prosedur untuk memutuskan langganan IndiHome sendiri sangatlah mudah, kita tinggal datang ke Plasa Telkom dan bawa alat – alat yang dipasangkan di tempat kecuali kabel Fiber yang masuk dari luar. Itu memang tidak diminta. Bahkan aslinya kadang ONT dan Router WiFi tidak ditanyakan juga, tapi jaga – jaga nanti disuruh mengembalikan karena semuanya sewa. Apalagi antri di PlasTel itu dari pengalaman lama sekali.

Nanti sambil ngobrol dengan mbak – mbak customer servicenya akan diberikan formulir pengajuan pemutusan langganan. Kita akan dibantu mengisikan, yang pasti wajib ada KTP/SIM dari nama pelanggan yang terdaftar. Jadi tidak bisa diwakilkan juga karena akan dicek langsung.

Didalam prosesnya tidak ada hal istimewa, tapi pada tahap akhir kita akan ditanyakan (survey) kenapa kok berhenti berlangganan Indihome. Biasanya antara diiyakan langsung atau diberi promo khusus bagi pelanggan yang mau cabut. Kalau ini keputusan di tangan anda apakah batal atau tetap lanjut. 😀

Nah sebagai finalnya, nanti akan diminta ke kasir dan melunasi tagihan yang sedang berjalan. Misal sudah berjalan 14 hari sejak tanggal billing terakhir maka yang kita bayar ya hanya yang digunakan, bukan bayar penuh satu bulan. Tapi tetap ada biaya pemutusan dan materainya, tidak mahal kok.

Niscaya dalam beberapa hari internet dan tv kabel di rumah anda akan mati, ini paling lama.

Untuk memastikan kita sudah benar – benar tidak tercatat sebagai pelanggan coba cek tagihan bulan berikutnya. Kadang anehnya masih ada tagihannya, tapi nominalnya kecil dibawah Rp. 50.000. Bisa anda laporkan lagi untuk tahu ini tagihan apa, atau langsung dilunasi saja. Biasanya bulan depan sudah lenyap dan tidak bisa dicek lagi billingnya. Kalau ini ya sukses ceritanya kita berhenti langganan. 😀

Oh ya, bagi yang ingin tetap menggunakan nomor teleponnya kemungkinan besar akan dijawab tidak bisa. Harap anda hati – hati disini. Nanti akan diberikan nomor baru.


79 Comments

  • gan kalo seumpama saya memang sengaja ditelatkan selama 1 bulan,,misal bulan januari kan di bayar bulan februari nah memang sengaja saya tidak bayar kemudian yang tagihan bulan februari kan bayarnya bulan maret nah di awal bulan maret itu saya mau bayar sekalian mau berhenti berlangganan,,nah supaya saya tidak terkena tagihan untuk bulan maret saya harus mengajukan permohonan bulan maret kah atau febuarinya..?
    jika febuari apakan saya di haruskan melunasi yang januari dan febuarinya sekaligus??

    Reply
    • Sebelumnya sudah berapa lama berlanganan indihome? kalau dari pengalaman pribadi sebelum ganti bulan saya infokan dulu. Jadi jika mau berhenti maret maka akhir februari di infokan saja ke pihak plasa telkom atau 147. Tetapi tekankan bahwa jika muncul tagihan untuk bulan berikutnya tidak akan membayar dengan alasan apapun dan catat no pengaduan.

      Hal ini juga terjadi pada diri saya, sudah berhenti tetapi hampir 5 bulan berikutnya tetap di telepon untuk masalah tagihan. Tapi karena sudah mencatat no pengaduan tinggal bilang saja “tolong di cek lagi di no pengaduan ini”.

    • harusnya hanya membayar tagihan yang belum di bayar bulan sebelumnya dan sisa tagihan (pemakaian per hari) sebelum pemutusan. Pastikan juga gan kalau melakukan pemutusan pada hari itu juga tagihan harus stop dan catat no laporan. Sering kejadian sudah bilang putus tapi tagihan masih lanjut.

  • Saya kmrn mengajukan pemutusan. Untuk bulan juni ini saya sudah membayarnya trs kata si mbaknya syarat pemutusan harus membayar tagihan berjalan. Trs saya tanya tagihan berjalan maksudnya gmn. Dijawabnya tagihan berjalan harus bayar untuk bulan juli nanti. Itu maksudnya tagihan berjalan gmn ya saya gangerti.

    Reply
    • tagihan berjalan itu maksudnya membayar sisa pemakaian (waktu pemakaian) sebelum indihome di tutup. Apalagi jika pemutusan dilakukan setelah bulan berganti, pasti ada beberapa hari pemakaian sebelum di putus.

  • · Edit

    Batas waktu pemakaian per bulannya itu tanggal berapa? Yang tgl 5 keluar bil atau tgl 20 yang paling telat bayar?

    Reply
  • · Edit

    Min kalo ganti paket bisa ga, misal sekarang saya pasang indihome triple play yang 10 mb harga 460 ribu, terus baca ada promo indihome triple play paket ramadhan 10 mb harga 330, dan promo berlangsung hingga 31 juli, bisa ga tuh min kira-kira

    Reply
    • Di coba saja gan untuk pengajuan, tapi kayaknya waktu yang tidak mencukupi. Karena dari pengalaman proses pemutusan cukup makan waktu.

    • di sarankan untuk melapor untuk pemutusan gan, agar tagihan tidak membengkak dan pemasangan lagi berikutnya tidak sulit.

    • · Edit

      Serius gan,, diemin aja.. gak apa2
      justrus klo ente lapor malah bakal di suruh bayar biaya lagi yg bahkan gak masuk akal kenapa kita harus bayar,,
      dan kalo mao pasang lagi pake identitas baru gan,, tapi ane saranin gan, gak usah pake indihome lagi,,,

    • · Edit

      Gan seriusan nih didiemin ajah? Soalnya indihome mahal banget… nanti kira2 orgnya bakal nyamperin gak tuh ya gan

    • · Edit

      Iya emang mahal dan gak masuk akal, krna tiap bulan pembayaran selalu berbeda..
      ane udah setahun di diemin aja nih,, gak ada orang indihome yg kesini,, padahal di rmh ane kantor cabang indihome deket bgt kurang dr 2km malah…

    • Saya ga pake internetnya 2bln saya diemin ga lapor malah harus tetep bayar dateng orang indihome nya kerumah. Padahal datanya ga di pake sama sekali masa harus bayar asli ini perusahaan dzolim udh lemot pake banget. Dulu di mnc play ga dipake 3bln tinggal di konfirmasi sama operatornya klo mau berenti seminggu kemudian dtg petugasnya ngambil modemnya tanpa di minta harus bayar tagihan yg ga di pake. Beda sama ini perusahaan aneh ga dipake tpi harus bayar

    • setahu saya itu satu paket / jaringan gan (indihome plus tv), tetapi mungkin bisa ditanyakan lebih lanjut ke CS 107 untuk lebih pastinya.

  • · Edit

    Gan minta pencerahan ngana.

    Ini aku mau putus indihome.
    Bulan agustus ini blm aku bayar. Dan suda ada denda. Tetapi , tgl 23 malam. Internet + use tv ku uda terisolir gan. Jadi uda ga bs pake apa2.

    Aku juga uda pelaporan k 147 dan blg kami akan proses. Tapi aku ga d ksh nmr laporan ( dan bodohku gak minta nmr laporan juga )

    Nah , nanti kl aku k plasa telkom utk pemutusan.
    Kan yg tak bawa fotocopy ktp, materai 6k , wipi dan router , trus duit.

    Nah yg aku bingung itu. Nanti d sana aku bayar nya itu tagihan ku + denda atau ada lebih nya lagi ya gan ?
    Trus biaya pemutusan itu aku cari info dr sales nya indihome katanya +/- 150k. Itu bener gak ya ?

    Reply
    • Jika hanya pemutusan segera ke plasa telkom terdekat gan, jika tidak biaya tagihan akan semakin membengkak. Kenapa? karena proses pemutusan biasanya memakan waktu cukup lama (bisa2 1 minggu)

      Masalah ada tambahan biaya ini tergantung kebijakan daerah masing2 gan. Kalau pengalaman pribadi kemarin tidak ada tambahan biaya cuma membayar tagihan dan sisa tagihan saja.

  • Mau tanya mas, sy jg mau putus indihome bln agt ini,,, sblmnya sy suruh adik sy ke telkom utk tny bgmn prosedur dan biaya yg hrs dibayar, akhirnya dikasih perincian :
    A. Tagihan bln agt sebesar rp 353.750
    B. Deposit cabut penggunaan dr tgl 1-24 sebesar rp 338.520
    C. Biaya admin sebesar rp 3.000
    Total : rp 695.250
    Yg ingin sy tny kan disini utk poin B apakah mmg ada tagihan spt itu ? Kira2 maksudnya bgmn ?
    Terima kasih atas jawaban admin

    Reply
    • Setahu saya dari pengalaman pribadi biaya deposit cabut itu tidak ada gan. Pembayaran yang harus dilakukan hanya tagihan terakhir dan sisa tagihan (biaya berapa hari pemakaian sebelum di putus).

      Coba di tanyakan lagi gan maksud deposit itu atau jangan2 itu sisa tagihan. Cara menghitung sisa tagihan per-hari (biaya perbulan / 30)

    • Tadi saya ketelkom, sekalian bayar terus mau cabut. Tapi, disuruh admin buat bayar 300 sekian buat pemutusannya. Terus kalau pemakaian dibawah 3 bulan, pemutusannya dikenakan 1.5jt

  • Gan, misalnya pemakaian nya bulan agustus. Trus di bulan september saya tidak menggunakan internetnya lagi (tanpa pemutusan) , trus saya pakai lagi di bulan oktober. Apa internet nya tetap bsa di gunakan? Dan Apa saya bakal bayar biaya di bulan september jga? . Fyi, saya pake speedy doang, non tv user.

    Reply
    • Seharusnya tidak bisa gan, batas maksimal tunggakan adalah 2 bulan gan (Agustus dan September) lebih dari itu jaringan internet langsung di putus.

      Selama tidak melakukan pemutusan langsung di telkom maka tagihan tetap berjalan.

  • Rencana bulan agustus saya tutup, tp blm ada uang, trus rencana saya tutup bulan ini
    Biaya apa disangkut kan bulan september juga?
    Soalnya dr bulan agustus sdh tdk saya pakai

    Reply
    • yang pasti harus di bayar = tagihan bulanan yang belum di bayar dan sisa tagihan (waktu pemakaian hingga di putus).

    • Bisa gk karyawan indihome yg dtang langsung ke tempat untuk pemutusan langsung, jadi bisa langsung bawa pulang juga alatnya yg di rumah

  • Pak mau putuskan telpon itu syarat dan cara gimana ya? Sedangkan tlp masih a/n. yang punya rumah dulu udah pindah gak tahu kemana (berpindah-pindah) rumah saya beli sudah 17 tahun yang lalu. Trmksh atas jawabannya saya tunggu.

    Reply
    • sudah mencoba ke plaza telkom terdekat gan? untuk mendapat petunjuk.

      Kalau mau aman lagi bawa saja fotokopi KK, Surat Tanah, dan KTP. Untuk menunjukan bahwa rumah sudah berpindah tangan. Ada kasus yang sama harus membuat surat keterangan dari Rt atau Rw bahwa rumah tersebut sudah anda beli dari pemilik rumah sebelumnya.

  • Gan sya mau ptusin internet sya untk bulan ini tertanggal 19. Untk bln dpn sya tdk brlangganan lagi. . nanti pas sya ke plaza tlkom apkah sya trkena tagihan pmutusan ny gan

    Reply
    • iya gan lebih tepatnya membayar tagihan yang belum di bayar (bulan september passtinya)…jangan lupa membawa fotokopi ktp, materai jika ada

  • Gan, saya udah gak ada niat buat mau langganan indihome lagi, terus saya udah g bayar tagihan hampir 3 bulan, kalo ane biarin aja gitu gpp kan yaa ?

    Reply
    • Disarankan untuk mengajukan pencabutan gan. Memang banyak yang memakai cara untuk tidak membayar, namun antisipasi saja jika kedepannya pengajuan indihome lagi dengan alamat/kontak yang sama takutnya dipersulit.

    • Coba kunjungi plaza telkom di kota anda gan. Sambil membawa bukti pembayaran, datang lebih pagi agar tidak terlalu antri.

  • gan mau nanya kalau baru berlangganan bulan ke 3 terus mau berhenti berlangganan kena biaya pinalti kah krna belom setahun berlangganan?

    Reply
    • Tergantung waktu melakukan pemutusan gan. Jadi semisal begini pemutusan di lakukan tanggal 8. Nah sisa tagihan yang harus di bayar tagihan bulanan yang belum di bayar dan pemakaian dari tanggal 1 – 8 itu

    • nah gan kalo semisal saya melakukan pemutusan bulan oktober, terus saya sudah membayar lunas tagihan bulan oktober. apakah itu masih terkena tagihan berjalan juga? atau membayar lg bulan berikutnya?

    • Nah jika Oktober mutusnya berarti yang harus di bayar, Tagihan Oktober (pemakaian September) dan sisa tagihan alias pemakaian dari tanggal 1 oktober hingga nanti tanggal berapa melakukan pemutusan.

    • Coba menghubungi 147 atau tweet (@TelkomCare) tapi setahu saya tetap harus ke plasa telkom untuk mencabut. Mungkin bisa di wakilkan saja, dengan memberikan surat kuasa ke orang tersebut.

  • Gan mau tanya si
    Saya baru berlangganan 1 bulan, nah saya kan mahasiswa pastinya ada liburnyab2 bulanan, pastinya wifi tidak dipakai,
    bisa tidak ya pemutusan pemakaian sementara agar tidak dikenakan biaya??

    Dan bagaimana caranya pindah dari indihome ke wifi id?

    Reply
    • coba sebelum ganti bulan langsung di putus gan, seharusnya tidak kenak biaya atau setidaknya lebih murah.

      Langganan indihome bisa memakai wifi id gan.

  • selamat siang mas, saya mau nnya, kalau saya mau bantu berhenti langganan untk tante saya bis ga dengan membawa surat kuasa? satu lagi, kalau saya dateng ke plasa telkom yang agak jauh dari tempat pemasangan router dan alat, apakah bisa? Terima kasih banyak sebelumnya..

    Reply
    • Bisa mas dan benar harus pakai surat kuasa, kalau bisa menyertakan ktp atau fotokopi ktp sesua dengan naman yang berlangganan. Kalau pemutusan harus di kantor pusat plasa telkom kota tersebut.

  • Gan saya mau nanya .. saya pakai indihome internet + tv tapi pas pemasangan tv ktnya suruh tunggu 1 jam soalnya nunggu internetnya lancar .. tapi udah 3 bulan orang indihome ga ada yg dtng buat pasang internet tvnya .. nah saya mau putus internet tv nya .. itu harus gmna yah gan saya .. saya mau pakai yg internet saja

    Reply
  • Sama gan,saya belum bayar yg bln oktober.
    .baru kemarin tgl 29 dapat surat cinta dari sidoi,katanya sebelum tgl 20 november hrus dibayar klau tdk mau diputuskan jaringannya.
    Saya malas bayar kenapa,karena sejak tgl 1 november internet saya sudah diisolir,dan pertengahan november saya cek billing,sudah ada tagihan yg besarnya sama dgn yg bln oktober.
    Niat saya sih mau didiemin aja,kira2 nanti bakalan dapat surat cinta lgi gk ya dri si doi…mohon penjelasannya min…nuhun.

    Reply
  • Jadi ngak papa kah kalau mau berhenti terus mutusin sendiri dan bawa modem ke telkomnya langsung ? Saya baru ikut bulan kemaren, dan tadi melakukan pembayaran untuk pertama kali. Tapi langsung mau minta putus internet, adminnya bilang kalau misalkan dibawah 3 bulan harus bayar 1.5juta buat pemutusan, terus kalau diatas 3 bulan bayar juga 300 sekian . Jadi gimana ini mas ? Bolehnkah cabut sendiri terus bawa modemnya ke telkom. Terus kalau misalkan saya mutuskan sendiri, terus saya ngak bayar. Telkom nagih terus kah ? Walaupun saya ngak pakai internetnya lagi, terus udah mutuskan sendiri.

    Reply
  • Saya juga baru 2 bulan pake indihome, pelayanannya parah Internet udah trouble seminggu tidak ada kejelasan tapi Tagihan tidak sesuai dengan perjanjian awal. Lebih tertarik provider FM yg sudah menetapkan harga fix. Misalkan saya tidak bayar selama 3 bulan akan otomatis terputus dari indihome?

    Reply
  • gan saya kn tadi ke plasa telkom bayar tagihan pertama di kantor telkom kn, nah setelah itu saya ajukan pencabutan layanan indihome saya gan, katanya kena biaya pinalti 500, apa benar gan ?

    Reply
  • Gan, ini gimana yaa, saya kan berhenti langganan indihome yaa, dari desember, router segala macem udah dibawa.. tapi ternyata blom dikatakan pencabutan, dan tadi org indihome dateng ke rumah dan nagih sudah 2 bulan.. kok jadi lebih baik diblokir ya indihome nya ketimbang, berhenti suruh tagih…

    Reply
  • Waktu itu saya juga pernah kejadian, sengaja saya nggak bayar tagihan sampai 2 bulan karena memang mau berhenti berlangganan. Orang telkomnya telpon bilang mau datang ke rumah. Dan nggak lama bener ada yang cari alamat, berhubung alamat rumah ga ada nomornya jadi mereka ga nemu, dan tetangga juga nggak tau nama asli saya 😀

    Bener-bener serasa ditagih debt collector. Jadi ini udah masuk tiga bulan, kalo cek tagihan memang makin menggulung. Tapi agak males bayar, kenapa? Kalo internet trouble, mereka nggak gerak cepat untuk memperbaiki. Bahkan sampai 2 minggu tidak ada perbaikan, 2 hari sekali telpon 147, masih tidak ada respon cepat. Giliran tagihan nunggak sehari aja udah ditelponin suruh bayar.

    Reply
  • Hari ini barusan pemutusan indihome paket triplay telp+tv+net. Telp nga ada juga, ga pernah make…jaringan suka down, lelet bgt bikin emosi saking lemotnya…..krn sibuk akhirnya tgl 2/3 ke plasa melapor tpi sampa tgl 14/3 teknisi ga dtg juga. Akhirnya ke plasa telkom lgi untuk niat mutusin krn udah berbulan2 jaringan ga stabi tpi pemby ttp full 536.499 Baru tau klo pemutusan musti bayar maret & april. Krn pemby maret hasil pemakaian pebruari. Mikir2 pilih pindah paket aja…tpi nga jadi lg krn syarat pindah paket ttp harus bayar maret & april. Ga bisa langsung aktif…Klo langsung dibenerin & ga down2 lagi..bayar full jg nga masalah asal konsumen puas…mikir lagi udah putusin aja . Total bayar : 823.031 Sisa pbayaran april sampai tgl 15/3, down payment rp 231.532.. sih. Abonemen tlp sekalipun dirumah ga ada, ttp bayar 55 ribu. Materai 6.000, add on 9 ribu++, sewa modem 80.000 ( modem bayar jg loh) , pajak 48.499. Setiap daerah mungkin beda kebijakan (ini area palu) ^indihome awalnya menyenangkan akhirnya ….lanjutkan sndiri 🙂

    Reply
  • Gan kemaren kan saya mau mutus wfi nah contoh bulan july saya mau mutusin wfi terus saya sudah bayar yg buat bulam july pas saya dateng ke kantor telkom indihom,masa saya suruh bayar dabel july sama agustus malah biaya nya melebihi batass lebih mahal pencopotan dari pada pemasangan nya gimna nih

    Reply
  • Min saya dari bulan mei belum bayar tapi kan itu bulan juli sudah di blokir terus saya baru mau bayar bulan ini kok tagihannya dua bulan mei dan juni padahal tidak ada pemakaiian sama sekali (alasan saya nggak bayar karena uang saya pakai buat pengobatan saya di luar kota)

    Reply

Tinggalkan Balasan