Barang apa saja yang dilarang dikirim melalui Pos

Semakin banyaknya isu tidak jelas yang bisa mengancam keamanan negara (contoh: isu bom) dan banyaknya komplain masalah pengiriman. Maka daripada itu ditetapkanlah peraturan yang berisi tentang barang atau hal apa saja yang dilarang untuk dikirimkan melalui ekspedisi.


Nah seperti PT Pos Indonesia juga telah merilis barang atau hal apa saja yang tidak boleh dikirim. Apa saja itu? lihat saja list dibawah ini,

  1. Bahan yang rentan terhadap oksidasi, seperti: bubuk pemutih, peroksidan dll
  2. Accu atau baterai basah
  3. Makanan basah atau berminyak
  4. Benda yang dapat meledak atau menyala atau barang yang dapat terbakar sendiri seperti senjata api, peluru dan bahan peledak, mercon atau sejenisnya serta segala macam korek api dan gas pengisinya.
  5. Binatang hidup kecuali lebah, lintah, ulat sutera, parasit, serangga dan serangga pembasmi serangga perusak yang dikirim oleh badan yang diakui resmi.
  6. Uang logam, uang kertas Bank dan surat berharga bagi pengunjuk, platina, emas atau perak yang telah dikerjakan atau belum, permata, perhiasan dll.
  7. Barang yang menyinggung kesusilaan.
  8. Candu morfin, kokain dan obat terlarang lainnya.
  9. Bahan biologis yang mudah busuk dan mudah menularkan penyakit.
  10. Barang lainnya yang menurut peraturan perundang-undangan dinyatakan terlarang.

Karena itu jangan kaget terkadang petugas loket akan mengecek kiriman kita. Hal ini untuk memastikan apa yang tertulis dan barang memang sama. Juga tidak ada barang atau hal yang dilarang terbawa.

Begitu juga paketan yang akan diterima dari manapun baik dalam maupun luar negeri, juga terkadang bisa dicek oleh petugas. Jadi berhati-hatilah ketika akan mengirim dan yang terpenting packing-lah dengan aman dan kuat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Tinggalkan Balasan