Bahayakah jika sering install ulang?

Mungkin hal ini sering di pertanyakan banyak orang “amankah jika sering melakukan install ulang?“. Ada dua jawaban berbeda pastinya berbahaya dan tidak berbahaya. Yang mengatakan berbahaya dengan alasan bisa menyebabkan hardware mudah rusak terutama harddisk. Sedangkan yang mengatakan tidak masalah karena dari pengalaman sering install ulang dan tidak ada masalah yang terjadi. Jadi sebenarnya berbahaya atau tidak sering install ulang pada pc atau laptop?


Jika menjawab berdasarkan dari pengalaman dan pendapat pribadi, sering install ulang pada pc atau laptop bukan penyebab utama yang mempengaruhi kinerja dari hardware (terutama harddisk). Karena proses install ulang tidak ada bedanya dengan proses menginstall program atau game. Tetapi kenapa ada kasus gara-gara sering install ulang harddisk rusak? bisa jadi kebetulan saja, karena hal ini lebih disebabkan karena kondisi harddisk yang tidak atau kurang “sehat”.

Jadi selama kondisi harddisk masih ok, mau install program, game, install ulang os, format harddisk beberapa kali seharusnya tidak menjadi masalah. Tetapi jika harddisk atau SSD sering digunakan tentu saja umurnya lebih cepat berkurang. Yang menjadi pertanyaan kenapa melakukan install ulang? jika hanya untuk perawatan atau ganti os yang baru dengan jeda waktu wajar (semisal satu tahun 2-3x install ulang) tentu tidak menjadi masalah. Selama error yang muncul ada solusi tanpa harus install ulang, cobalah solusi tersebut. Usahakan jangan langsung install ulang.

Install ulang sendiri sebenarnya sangat membuang waktu dan tenaga. Karena banyak hal yang pasti harus di install lagi (semisal program, driver, game, dll). Jadi berhati – hatilah dalam menggunakan pc atau laptop. Perhatikan setiap file, website, program yang kita buka. Jangan sampai menginstall software yang tidak perlu, seperti toolbars, search engine dll. Terutama ketika menginstall program baru, jika ada tawaran untuk menginstall software yang lain abaikan saja. Karena pasti membebani kinerja hardware pc atau laptop.


Tinggalkan Balasan