Apakah “SS” yang ada di USB port?

Jika kita perhatikan pada USB port laptop kita, maka ada beberapa port yang memiliki simbol SS. Nah apakah maksud dari simbol SS tersebut?


ss-port

SS merupakan singaktan dari Super Speed yang menandakan bahwa usb port tersebut sudah bertipe 3.0.

Apakah itu USB 3.0? merupakan generasi ke-3 dari Universal Serial Bus (USB) yang memiliki fitur Super Speed (SS). Dengan fitur ini transfer rate USB 3.0 bisa 3x – 10x lebih cepat dari USB 2.0.

Bagaimana membedakan USB 2.0 dan USB 3.0? meskipun secara fisik hampir tidak ada perbedaan antara USB 2.0 dan 3.0, namun ada beberapa cara untuk membedakan kedua USB tersebut;

1. Port berwarna biru apabila melihat USB port berwarna biru, dipastikan sudah bertipe 3.0. Karena warna biru sudah menjadi warna umum untuk USB 3.0.

2. Ada simbol SS meskipun port masih berwarna hitam dan bukan biru (dan tidak ada keharusan untuk berwarna biru) tetapi jika memiliki simbol SS maka USB tersebut sudah 3.0.

3. Jumlah Pin pada USB 3.0 adalah sembilan pin. Empat pin berada di belakang, sedangkan lima pin berada di depan dengan bentuk lebih kecil. Sedangkan USB 2.0 hanya memiliki empat pin yang berada di belakang.

Apakah USB 2.0 bisa digunakan di 3.0? yup tentu saja bisa begitu juga dan begitu juga sebaliknya. Namun kecepatan transfer rate yang diberikan masih normal atau masih menggunakan kecepatan USB 2.0. Kecepatan SS baru bisa berfungsi jika perangkat yang digunakan semua menggunakan USB 3.0. Baik dari USB port, USB device (Flashdisk , HDD external , kabel data, dll) semua sudah versi 3.0.


Tinggalkan Balasan