Apa itu USB-C?

Semakin berkembangnya waktu, bentuk laptop semakin lebih tipis lagi. Karena itu perubahan port USB pun perlu dilakukan. Bentuk USB yang biasa kita ketahui adalah kotak persegi panjang (Type A). Namun semenjak diluncurkan USB-C atau USB type C bentuknya pun sudah berubah menjadi lebih kecil dan lebih melingkar.


Apa sih USB-C itu? Adalah standar baru atau type baru di dalam dunia USB. Seperti dijelaskan di atas perubahan yang paling mendasar terjadi di fisik. Hampir mirip dengan Micro USB, tetapi lebih melingkar. Dan juga type C tidak mengenal atas bawah seperti USB yang selama ini kita gunakan (Type A). Jadi kita tidak perlu bingung merubah posisi ketika menggunakan.

contoh USB-C port
contoh USB-C port

Konektor terbaru ini dikembangkan oleh USB Implementers Forum yang terdiri dari banyak perusahaan seperti Apple, Dell, Intel, Microsoft, Samsung, dll.

Apakah sama dengan USB 3.1? yup benar sekali, USB-C pasti sudah bertipe USB 3.1. Jika melihat spesifikasi laptop yang mengatakan USB 3.1 berarti portnya pasti sudah bertipe C. Secara teori dengan memiliki 24 pin, kecepatannya 2x lebih cepat daripada USB 3.0.

Meskipun masih jarang dipergunakan, kedepannya USB-C pasti ada di semua laptop maupun PC. Karena itu tidak ada salahnya jika kita sudah mempersiapkan beberapa perangkat yang mendukung USB-C.


Tinggalkan Balasan