Apakah itu FAT32, NTFS, dan exFAT?

Mungkin masih banyak orang yang tidak familiar bahkan tidak tahu dengan ketiga format file system tersebut. Hal ini sangat wajar sekali, disebabkan ketika kita memakai sebuah storage (Hard disk, Micro SD , SD Card, dll) yang kita lihat hanya ukuran saja (berapa GB). Nah apa sih sebenarnya FAT32, NTFS, dan exFAT itu?


FAT32 merupakan versi yang paling umum dari FAT (File Allocation Table), format file system ini paling tua, diperkenal oleh Microsft pada tahun 1977. Sebenarnya ada Fat12 dan FAT 16 namun orang lebih banyak menyebut sebagai FAT saja.

Fat32

FAT32 memiliki kelemahan sebagai file system yaitu hanya bisa menyimpan file maksimal 4GB dan ukuran dalam satu partisi maksimal 2TB. Misalnya kita mempunyai satu film dengan ukuran 5GB otomatis FAT32 tidak bisa menyimpannya. Begitu juga apabila kita mempunya hard disk 3TB, kita tidak bisa membikin satu partisi dengan format FAT32.

Walaupun begitu dari Floppy Disk (alias disket) hingga storage jaman sekarang format FAT32 masih sering digunakan, karena sudah menjadi standard format file system.

NTFS

NTFS alias New Technology Files System merupakan file system yang diperkenalkan Microsft pada tahun 1993. NTFS memiliki kinerja, tingkat keamanan data, membuat partisi, dan membaca volume storage yang lebih baik daripada FAT32.

Keterbatasan dalam menyimpan file dan membuat partisi yang ada di FAT32 tidak ada di NTFS, tidak ada limit yang pasti dalam format NTFS.

Format NTFS sangat kompatibel dengan Windows, karena sejak Windows 7 format tersebut sudah menjadi dasar file system. Namun hal ini tidak berlaku untuk OS yang lain. Seperti Mac OS X hanya bisa “membaca” (read only) format NTFS drive dan tidak untuk “menulis” (write). Begitu juga untuk Linux sebagian ada yang bisa untuk read-write tetapi ada juga yang hanya bisa read.

Namun untuk beberapa perangkat, contoh game console Playstation 3/4 juga tidak mengenali format NTFS, begitu juga dengan Xbox 360. Hanya Xbox One yang bisa mengenali format NTFS.

exfat

exFAT diperkenalkan pada tahun 2006 dan didesain sebagai penerus FAT32.

Tidak seperti FAT32 yang memiliki batasan dalam menyimpan file dan membuat partisi, exFAT layaknya seperti NTFS tidak memiliki batasan.

Keterbalikan dengan format NTFS, exFAT sangat kompatibel dengan Mac OS X dan beberapa produk Linux. Fitur read-write tersedia untuk format ini.

Format exFat juga kompatibel di bebrapa perangkat, seperti game console Playstation 3/4 dan Xbox One mengenali format ini, dedangkan Xbox 360 tidak mengenali.

Format apa yang harus kita pilih?

Format NTFS sangat cocok dan disarankan sebagai format internal hard disk (format untuk OS), terutama Windows. Sedangkan FAT32 dan exFAT lebih cocok untuk flash disk, external hard disk, dan external storage yang lain. Walaupun memakai NTFS pun tidak menjadi masalah. Namun seperti penjelasan diatas tergantung dari perangkat yang akan kita pakai cocok/kompatibel dengan format yang mana.


Tinggalkan Balasan