Apa perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook?

Jika pada era 1990-an dan awal 2000-an mugkin kita hanya mengenal komputer dan laptop (untuk komputer portable). Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, istilah notebook dan netbook lebih banyak digunakan. Nah sebenarnya apakah perbedaan dari ketiga isitilah tersebut? dan istilah mana yang tepat?


Kaboompics / CC0 Public Domain
Kaboompics / CC0 Public Domain

Sebenarnya tidak ada aturan yang baku untuk menyebut bahwa apakah itu laptop atau notebook bahkan netbook. Namun ketiga istilah tersebut dibuat untuk memudahkan kita dalam membedakan secara fisik.

Laptop merupakan istilah awal untuk penyebutan komputer portable dan merupakan istilah yang paling umum digunakan hingga sekarang. Sesuai dengan namanya laptop, yang berarti sesuatu berada diatas pangkuan (merujuk bagaimana laptop pada umumnya digunakan). Laptop identik dengan ukurang besar dan tebal (14inch keatas). Pada jaman sekarang istilah laptop lebih sering digunakan untuk spesifikasi gaming. Seperti Asus ROG, MSI, Acer Predator biasanya disebut laptop gaming.

Netbook identik dengan ukuran layar yang kecil (10 inch hingga 11,6inch) dan ringan. Karena kecil dan ringan biasanya netbook memiliki baterai yang lebih tahan lama daripada notebook dan laptop.

Notebook kebalikan dari netbook, identik dengan layar yang besar (13inch keatas) dan lebih berat. Laptop dan notebook sebenarnya sama. Hanya notebook merupakan istilah terbaru dan bentuk fisik tidak setebal laptop.

Itulah perbedaan dari ketiga istilah tersebut. Jika kita akan bertanya atau membeli jangan terlalu memusingkan penyebutan. Masih ragu? gunakan saja Laptop karena istilah yang masih paling umum seperti laptop layar besar, laptop layar kecil , laptop dengan baterai tahan lama.


Tinggalkan Balasan