Apa itu Windows 10 S?

Jangan kaget jika kedepannya akan ada pc atau laptop yang menggunakan Windows 10 S sebagai operating system. Sebenarnya apa itu Windows 10 S? apa bedanya dengan Windows 10 Home dan Pro?


Windows 10 S sebenarnya Windows 10 Pro namun dengan beberapa fitur yang dikunci dengan tujuan keamanan dan meningkatkan kinerja. Contohnya aplikasi atau program harus berasal dari Windows Store, jika bukan dipastikan program tidak akan bisa di install meskipun berbasis windows.

Hal ini bertujuan untuk mencegah virus atau malware yang sering “menyerang” pada versi Desktop Windows. Windows 10 S ini bisa dibilang merupakan saingan dari Chrome OS, yang ternyata cukup diminati karena harga yang relatif sangat terjangkau dan kinerja cukup cepat. Cara kerjanya Windows 10 S sama seperti Android dan iOS, dimana app juga harus berasal dari Playstore dan App Store.

Karena itu program yang dengan basis desktop windows jika ingin masuk ke Windows 10 S, harus membuat lagi dengan ekstensi Universal Windows Paltfrom. Browser apa yang bisa dipakai? Windows 10 S akan menggunakan Edge browser dan serach engine sudah di set menggunakan Bing. Office 365 dan Spotify juga akan segera tersedia di Windows 10 S.

Google Chrome dan Firefox berarti tidak bisa? yup sesuai dengan penjelasan sebelumnya Google Chrome dan program lainnya yang sebelumnya berjalan di versi Dekstop Windows, jika ingin masuk ke Windows 10 S harus membuat lagi dengan ekstensi Universal Windows Paltfrom.

Apakah Windows 10 S akan berkembang? di tunggu saja kelanjutannya.

(Sumber)


Tinggalkan Balasan